Legitnya Ketan Durian Khas Minangkabau

Covesia.com – Sumatera Barat (Sumbar) merupakan salah satu provinsi di wilayah Indonesia bagian barat yang secara langsung dilalui garis Khatulistiwa. Tidak heran banyak tumbuhan khas tropis tumbuh subur di negeri yang terkenal dengan Rumah Gadangnya ini.

Salah satu tanaman yang banyak ditemui di wilayah Sumbar adalah durian. Buah yang dijuluki King’s of Fruits ini sangat mudah ditemui di sini. Ketika musim durian datang anda bisa dengan mudah menemui pedang durian di sepanjang jalan wilayah Sumatera Barat seperti di jalan lintas Padang-Bukittinggi dan Padang-Sijunjung.

Jika tak mau menunggu datangnya musim panen durian, Anda cukup mampir di daerah Ganting, Kota Padang. Gantiang merupakan pasar durian terbesar di Sumatera Barat yang beroperasi dari pukul 17.00 WIB hingga dini hari.

Ado katan ado lo durian tu baru sero“. Begitulah orang Minang menyebut tentang kuliner yang satu ini yang berarti “ada ketan ada juga durian ini baru nikmat”. Ya, bagi masyarakat Sumatera Barat menikmati durian belum lengkap rasanya tanpa kehadiran ketan.

Katan merupakan olahan beras ketan yang dikukus hingga matang. Dalam proses pengukusan beras ketan ditambahkan irisan daun pandan agar wangi.

Dalam penyajiannya bersama durian, katan ditaburi kelapa parut yang telah ditambahkan garam halus secukupnya. Buah durian yang telah dikupas disajikan diatas piring dengan katan dan kelapa parut.

Legitnya buah durian nan manis dan lembut dimakan bersamaan dengan gurihnya katan akan mampu menggoyang lidah penikmatnya. (utr/bim)

0 Comments

Leave a Comment

fourteen + 13 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password