Matikan Lampu Saat Tidur, Berat Badan Pun Terjaga

Covesia.com – Banyak usaha yang dilakukan untuk mempertahankan berat badan. Baik melalui pola makan yang sehat dan rutin berolahraga. Namun, tahukah Anda kalau hal yang sederhana pun bisa membantu dalam mempertahankan berat badan.

Ya, salah satunya dengan mematikan lampu. Penemuan tersebut dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences. Penelitian ini dipimpin Dr. Fonken dan peneliti lainnya.

Dikutip covesia.com dari situs ABC.com, Dr. Fonken mengatakan bahwa cahaya pada malam hari merupakan suatu faktor lingkungan yang bisa saja menjadi penyebab epidemi atau wabah obesitas yang tidak diduga oleh orang-orang.

Perolehan berat badan jelas bukan hanya terbatas pada kalori yang masuk dan kalori yang keluar tapi juga tergantung pada jam biologis tubuh kita sendiri atau yang disebut circadian rhythm.

Terkena cahaya terus menerus pada malam hari mengubah metabolisme Anda dan membuat badan anda gemuk. Bahkan tanpa perubahan jumlah makanan yang anda konsumsi, sesuai apa yang ditemukan para peneliti.

Mereka menemukan bahwa begadang seringkali membawa perubahan pada kebiasaan makan yaitu lebih banyak yang di makan pada malam hari ketika metabolisme sedang melambat. Bukti menunjukkan bahwa para pekerja 24 jam lebih rentan terhadap penyakit jantung dan diabetes.

Peneliti lainnya, Laura Fonken, ilmuwan neurosains di Universitas Negara Bagian Ohio mengatakan walaupun tak ada perbedaan pada tingkat aktivitas atau konsumsi makanan harian (diet), para tikus yang hidup dengan cahaya pada malam hari menjadi kian gemuk dibandingkan dengan yang lainnya. (osd/bim)

0 Comments

Leave a Comment

four + 18 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password