Gurihnya Pisang Kapik Sambil Santai di Jembatan Siti Nurbaya

Covesia.com – Pisang Kapik mungkin terdengar asing di telinga Pecinta Kuliner. Namun menu yang satu itu sudah bukan makanan yang aneh lagi bagi warga, Khususnya di Kota Padang, Sumatera Barat.

Gemerlap lampu jalan di Jembatan Siti Nurbaya membuat pemandangan yang penuh sensasi luar biasa ini juga ternyata menyimpan kekayaan kreasi kuliner lainnya. Pisang Kapik inilah salah satunya.

Pisang Kapik sebenarnya adalah pisang kepok biasa yang digoreng lantas disuguhkan dengan kopi atau tea hangat, namun Pisang Kapik khas kota Padang ini memiliki proses yang berbeda, yaitu dengan cara dibakar diatas bara arang dari tempurung buah kelapa. Karena itulah mengapa penganan ringan ini dinamakan Pisang Kapik, karena disajikan dengan cara unik yaitu dikepit sehingga menghasilkan bentuk pisang secara bulat dan gepeng.

Pisang yang sudah dibubuhi parutan mentega dan mises. Kombinasi yang dihasilkan adalah rasa manis dan asin, sensasi bau arang terbakar, dan rasa sepat berpadu dalam legitnya pisang kapik. Salah satu penganan khas Kota Padang ini bisa ditemukan di kawasan Nipah Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang, ini hampir setiap malam cukup ramai dengan pengunjung.

Betapa tidak, dari atas jembatan ini pengunjung dapat melihat kerlap-kerlip lampu kapal dan rumah penduduk sekitaran Pelabuhan Muaro Padang. Pedagang kuliner Pisang Kapik ini berjejer dibagian tepi, mulai dari pangkal sampai ujung jembatan.

Menu yang ditawarkan sederhana, contohnya Pisang Kapik dan jagung bakar. Walau sepintas mungkin mengurangi indahnya Jembatan, tapi pengunjung juga merasa difasilitasi. Dengan adanya penjual makanan mereka bisa melihat pemandangan sambil menikmati lezatnya camilan. Harganya pun murah meriah yakni 6-8 ribu rupiah.

“Pisang kapik ini adalah pisang batu, dengan cara penyajian yang cukup mudah, serta penikmat pisang ini cukup banyak membuat kami tertarik menjual pisang kapik ini dengan harga yang terjangkau,” ucap Wati kepda covesia Minggu, (7/12/2014).

Warga Nipah Kota Padang merasa kuliner ini adalah kuliner yang menjadi incaran wisatawan asing yang hendak berliburan ke Kota Padang Sumatera Barat. (def/cal)

0 Comments

Leave a Comment

1 × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password