Fokus Riset Sel, Pendiri Microsoft Sumbangkan Rp1,23 Triliun

Covesia.com – Fokus untuk melakukan riset sel-sel dalm tubuh, salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen pada Senin (8/12/2014) mengumumkan dirinya menyumbangkan 100 juta dolar Amerika (sekitar Rp1,23 triliun) untuk mendirikan sebuah institut penelitian penyakit di Seattle, Washington, AS.

Mengutip AFP, Allen menyebutkan, lembaga itu bernama Allen Institute for Cell Science. Lembaga ini bertujuan untuk mempercepat riset global dengan berfokus pada sel dan menciptakan model prediktif atas bagaimana mereka bereaksi saat menghadapi penyakit.

“Sel merupakan makhluk hidup terkecil, dengan semua penyakit yang kita ketahui memengaruhi jenis-jenis sel tertentu,” ujar Allen.

“Para ilmuwan sudah mengetahui banyak hal tentang sebagian besar dari 50 triliun sel dalam tubuh kita selama beberapa dekade terakhir, namun menciptakan model prediktif dan komprehensif atas sel tersebut akan membutuhkan pendekatan yang berbeda.”

Dia mengatakan Allen Institute for Cell Science akan berfokus pada integrasi teknologi “berskala besar” untuk “memberikan sumber daya khusus bagi seluruh komunitas sains.”

Dia menambahkan bahwa tujuan itu untuk “memajukan pengobatan berbagai macam penyakit.”

Pertanyaan penting yang mendorong institut tersebut adalah bagaimana informasi yang terkode dalam gen dapat masuk ke dalam sel, dan kesalahan apa yang terjadi dalam penyakit itu. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

1 × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password