Nah! Berikut Waktu yang Tepat Minum Air Putih Agar Lebih Bermanfaat

Covesia.com – Selain disarankan rutin untuk minum air putih, namun minum air putih saja tidak cukup. Ada beberapa hal yang kadang membuat misi meminum air putih jadi gagal. Misalnya, ketika anda keliru menakar airnya, keliru timing-nya, serta tak konsisten.

Berikut ini adalah waktu yang tepat minum air putih agar lebih bermanfaat, dikutip covesia dari beberapa sumber:

Bangun tidur

Begitu bangun tidur, anda disarankan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas lainnya. Kalau bisa, anda meminumnya sebanyak 2 gelas. Kebiasaan tersebut akan membantu mengaktivasi organ dalam tubuh. Dengan kata lain, “pemanasan”.

Sebelum makan

Sekitar tiga puluh menit sebelum makan, ada baiknya anda meminum segelas air dulu. Yang satu ini berfungsi untuk membantu proses pencernaan. Anda pun juga akan merasa lebih kenyang, sehingga menghindari diri dari makan dengan porsi berlebihan.

Sebelum mandi

Sebelum menyegarkan diri dengan mandi, anda bisa meminum satu air gelas. Tujuannya ternyata sangat baik, yakni untuk menghindari tekanan darah tinggi.

Sebelum tidur

Ketika hendak tidur, para ahli merekomendasikan kepada anda untuk minum segelas air putih. Hal tersebut berfungsi untuk membantu mencegah ancaman penyakit stroke serta serangan jantung.

Ketika lapar

Kadang rasa lapar terjadi, bukan saja karena tubuh “demo” akan makanan, melainkan terjadinya dehidrasi. Untuk itu, anda bisa minum terlebih dahulu ketika merasa keroncongan.

Minum sebelum memakan makanan ringan atau berat pun membuat anda kenyang duluan, jadinya membuat lebih bisa mengontrol diri untuk melahap sumber kalori.

Sebelum olahraga

Olahraga akan membuat keringat anda keluar. Ada cairan dalam tubuh yang terbuang. Untuk menghindari dehidrasi selama olahraga, anda bisa minum dulu. Kadar airnya tergantung berat-tidaknya olahraga tersebut, lalu dipengaruhi oleh suhu, kelembaban, dan kebutuhan air di tubuh anda.

Setelah olahraga

Minum air putih setelah olahraga juga ditujukan untuk mengganti kandungan air yang terbuang. Baik itu dalam bentuk keringat atau mungkin buang air kecil. Selain itu, tubuh memang akan memberi tanda-tanda tersendiri kalau kita memang haus dan memerlukan air.

Ketika terinfeksi kuman

Keadaan dehidrasi atau kekurangan air merupakan “situasi favorit” bagi virus. Mereka bisa menetap bahkan berkembang biak dengan nyamannya.

Untuk itu, anda bisa mencegahnya dengan minum air putih. Misalnya ketika anda hendak ingin pergi ke rumah sakit, berada di tengah orang sakit, atau memang merasakan tubuh yang mulai tidak enak.

Ketika tidak enak badan atau sakit

Yang satu ini juga bukan saran aneh. Ketika sakit, anda memang dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan lebih banyak. Sumbernya bisa dari air murni, teh, sup, jus, dan lebih sebagainya.

Ketika haus, capek atau penat

Merasa haus menjadi semacam “alarm” tubuh untuk segera minum. Di saat-saat seperti kecapekan, letih, ngantuk, dan tidak fokus. Anda pastinya segera mengambil minuman. Begitu merasa capek disaat bekerja, anda begitu lelah sehingga ingin tidur saja. Namun, karena keadaan tidak bisa dilakukan, segelas atau dua gelas air akan bisa membantu.

(sea)

0 Comments

Leave a Comment

nineteen − 17 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password