Hari Ini Ritual Maarak Saroban

Padang – Pesta budaya “Tabuik Piaman” yang dipusatkan di Kota Pariaman, Sumatera Barat tahun 1436 H/2014, memasuki hari kedelapan sesuai dengan agenda resmi Pemerintah Kota Pariaman.

Pesta budaya yang sudah dimulai sejak tanggal 25 Oktober 2014 lalu, dimulai dengan acara ritual maambiak tanah (mengambil tanah). Ritual ini dilakukan di kawasan Pauh-Galombang.

Sementara hari ini, Sabtu (01/11/2014) ritual Tabuik berlangsung sejak pagi hingga malam hari. Lokasinya di rumah Tabuik Pasa dan Rumah Tabuik Subarang. (Baca: http://www.covesia.com/artikel/2/tabuik-piaman-selayang-pandang.html) Ritual pagi hari, yakni melakukan acara merias Tabuik. Sedangkan malam hari sekitar pukul 19.00 WIB, dilakukan prosesi Maarak Saroban (mearak sorban).

Prosesi Maarak Saroban merupkan simbolisasi dari kegiatan yang melambangkan kebesaran dan penghormatan terhadap seorang pemimpin. Sorban biasanya dipakai oleh kyai atau syeh. Menggambarkan bahwa orang yang memakai sorban mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dalam bidang keagamaan. (cal)

0 Comments

Leave a Comment

fourteen + eleven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password