Hewan Peliharaan Bagus Buat Perkembangan Anak Autis

Covesia.com – Penelitian terbaru menemukan, ternyata memiliki hewan peliharaan mampu meningkatkan interaksi sosial pada anak autis. Tidak hanya memelihara anjing, namun jenis hewan peliharaan lainnya dapat memberikan dampak yang sama.

Peneliti dari University of Missouri menyebutkan ada banyak manfaat besar jika memiliki hewan peliharaan bagi anak penderita autis.

“Kita telah membandingkan anak autis yang tinggal dengan hewan peliharaan dengan yang tidak. Hasilnya sangat mengejutkan. Anak autis yang tinggal dengan hewan peliharaan memiliki keterampilan sosial yang lebih bagus,” kata Gretchen Carlisle, peneliti dari pusat untuk interaksi manusia-hewan (ReCHAI) di MU College of Veterinary Medicine.

Perubahan ini dapat terjadi ketika sang anak bermain bersama dengan hewan tersebut. Terjadi komunikasi baik verbal maupun nonverbal antara keduanya.

“Ketika hewan peliharaan hadir dalam kegiatan mereka sehari-hari, anak-anak tersebut akan berbicara dan berinteraksi satu sama lain dengan hewan tersebut,” jelasnya seperti dilansir dailymail.com, Sabtu (3/1/2015)

Perkembangan interaksi yang signifikan tersebut dapat berupa kemampuan mereka memperkenalkan diri, memberikan informasi bahkan menanggapi pertanyaan orang lain yang bagi anak autis pada umumnya itu menjadi masalah utama.

Disinilah peranan hewan peliharaan tersebut, membantu sang anak untuk berinteraksi yang peneliti sebut dengan “sosial pelumas”. Jadi tidak ada salahnya anda memiliki hewan peliharaan di rumah untuk membantu tumbuh kembang anak.

(utr/zik)

0 Comments

Leave a Comment

one × 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password