Umm! Enaknya ‘Katupek Gulai Paku’

Covesia.com – Jika anda ingin menikmati kuliner di Kota Padang, Sumatera Barat, ada baiknya mencicipi yang satu ini, ‘Katupek Gulai Paku’. Makanan ini merupakan kuliner khas Ranah Minang yang juga bisa anda dapati di pagi dan malam hari sepanjang jalan Dr. Sutomo Marapalam Padang.

Katupek (ketupat) Gulai Paku (pakis) memang menjadi incaran sebahagian pecinta kuliner yang ingin menikmati masakan khas di Ranah Minang ini.

Seperti umumnya gulai, pakis yang dimasak adalah daun pakis yang muda. Dimasak dengan santan ditambah bumbu-bumbu halus seperti, serai, daun kunyit, daun jeruk, cabai rawit, lengkuas dan asam kandis sehingga rasanya lebih gurih.

Untuk membuatnyapun relatif mudah. Pakis muda yang sudah diiris dan dicuci, dicampur santan kelapa dan bumbu-bumbu lainnya yang sudah disiapkan. Masukkan ke dalam belanga, lalu ditunggu sampai masak. Untuk menambah cita rasa yang diinginkan, anda bisa menambahkan gulai paku dengan campuran ikan teri dan udang kecil.

Salah seorang pedang di jalan Dr. Sutomo Marapalam, Nurbaini (50) mengungkapkan kepada covesia.com, (7/1/2015), ada tiga macam gulai yang ia buat untuk menemani makan katupek lontong , yaitu gulai cubadak, gulai paku (gulai pakis) dan gulai tauco buncis tempe.

Dari tiga macam gulai itu, katanya, gulai paku yang lebih dulu habis dan laris manis. Bahkan belum sampai tiga jam berjualan, gulai paku sudah habis.

“Yoo bana lamak (memang enak) gulai cubadak ini, rasa dan bumbu yang disajikan oleh Nurbaini sangat pas, sehingga saya selalu setiap pagi menikmati gulai cubadak buatan Ibu Nurbaini,” kata Laras, salah seorang langganan Nurbaini.

(def/zik)

0 Comments

Leave a Comment

nine − two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password