Kurkumin Pada Bumbu Kari Dapat Cegah Kerusakan Hati

Covesia.com – Satu penelitian menyoroti potensi kurkumin bumbu kari, seperti kunyit mampu mangatasi jenis penyakit berlemak ‘non-alcoholic steatohepatitis’ (NASH) yang bisa menyebabkan kerusakan hati (fibrosis hati) yang dapat berujung pada kematian.

Anping Chen, Ph.D, direktur penelitian di bagian patologi Universitas Saint Louis menyatakan, laboratoriumnya telah mempelajari cara-cara alami untuk mencegah dan mengobati kerusakan hati tersebut.

Dalam penelitiannya menunjukkan bahwa kurkumin bisa saja menjadi satu terapi efektif untuk mengobati dan mencegah fibrosis hati yang terhubung dengan non-alcoholic steatohepatitis (NASH) itu.

Dia mengungkapkan, tingkat leptin darah yang tinggi dan glukosa ditemukan pada pasien yang menderita kelebihan lemak (Obesitas) serta diabetes yang memungkinkan menjadi penyebab fibrosis hati yang berhubungan dengan NASH.

“Leptin memerankan fungsi yang sangat penting dalam pengembangan fibrosis hati,” katanya.

Kadar tinggi leptin mengaktifkan sel-sel stellata hepatik yang merupakan penyebab produksi berlebihan protein kolagen yang menjadi fitur utama fibrosis hati

Disini, peneliti mengemukakan bahwa, kurkumin dapat mengeliminasi efek leptin pada pengaktifan sel-sel stellata hepatitik tersebut, sehingga mengganggu perkembangan kerusakan hati, demikian dilansir Telegraph, Rabu (7/1/2015).

(fda/zik)

0 Comments

Leave a Comment

10 − six =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password