Inilah 13 ‘Catatan Kelam’ 14 Tahun Terakhir Dunia Selebritis Indonesia

Covesia.com – Catatan kisah kelam dunia keartisan di Indonesia akibat kasus Narkoba seakan tak pernah putus dan terus terulang dari masa ke masa. Sedikitnya, 13 nama selebritas pun tercatat dalam sejarah perkara ini dalam 14 tahun terakhir.

Siapa saja mereka?. Berikut ulasannya seperti dirangkum covesia dari berbagai sumber.

1. Musisi senior Fariz RM, 56 tahun.

Fariz RM diamankan Polres Jakarta Selatan di kediamannya di kawasan Bintaro Jaya, pada Selasa (6/1/2015). Setelah menjalani tes urine, Fariz terbukti mengonsumsi tiga jenis narkotika, antara lain, ganja, shabu dan heroin. Meski merasa menyesal atas kejadian ini, namun hingga saat ini kasusnya masih di proses oleh pihak kepolisian.

2. Kabul Basuki, alias Tessy, 66 tahun

Tessy pelawak Srimulat yang terkenal dengan gaya nyentrik serta perhiasan batu akik yang sering ia pakai ini ditangkap saat pesta shabu bersama tiga temannya di Bekasi Utara. Polisi menyita barang bukti berupa alat hisap dan 1,06 gram sabu di kantong celana Tessy.

Dalam penagkapan tersebut, tragedi dramatispun terjadi. Dimana pada saat akan dibawa ke kantor polisi, Tessy mengaku sakit perut dan izin ke kamar mandi. Namun, saat keluar dari kamar mandi pihak kepolisian mendapati Tessy dalam keadaan lemas serta muntah karena aksi nekadnya yang menenggak cairan pembersih. Akibat aksinya itu, Tessy segera dilarikan ke rumah sakit.

3. Roger Danuarta, 33 tahun

Aktor yang juga merupakan putra sulung dari penata rambut terkenal Johnny Danuarta ini, ditangkap Kepolisian Sektor Pulogadung, Jakarta Timur, pada Senin dinihari, 17 Februari 2014. Saat itu, aktor multi talenta yang sudah membintangi puluhan sinetron ini diciduk pihak berwajib ketika tengah memakai narkoba di dalam mobilnya.

Polisi menemukan sejumlah narkoba berupa daun ganja kering seberat 15,70 gram dalam kemasan permen dan heroin seberat 1,50 gram. Polisi juga menemukan alat suntik yang belum terpakai dan kertas papir untuk melinting ganja. Atas perbuatannya, Ia dituntut 1,5 tahun penjara dipotong masa tahanan.

4. Raffi Ahmad

Pada 27 Januari 2013, aktor sekaligus presenter Raffi ditangkap di rumahnya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, saat sedang bersama beberapa artis lainnya. Saat itu, polisi menemukan sejumlah narkoba jenis baru, yaitu methylene dioxy methcathinone (katinon). Raffi kemudian ditangguhkan penahanannya seusai menjalani rehabilitasi selama tiga bulan di Pusat Rehabilitasi Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

5. Surendro Pasetyo atau Yoyo Padi

Yoyo, drumer band Padi, tertangkap tangan memiliki 0,5 gram shabu, di sebuah apartemen pada 27 Febuari 2011. Yoyo di vonis penjara 1 tahun.

6. Sammy Simorangkir

Sammy tertangkap di sebuah kamar kos di kawasan Setiabudi, Jakarta, pada 2 Febuari 2010. Dari Sammy, polisi mendapatkan sisa shabu dalam plastik berwarna putih di atas televisi seberat 0,3366 gram dan alat isap (bong) berikut cangklong. Atas kasus ini Sammy divonis 1 tahun penjara.

7. Revaldo

Pesinetron ini dua kali tersandung kasus narkoba. Pada kasus pertama Revaldo tertangkap pada 10 April 2006 dan dijatuhi hukuman penjara selama 2 tahun karena terbukti memiliki shabu seberat 1 gram, satu linting ganja serta lima butir pil ekstasi. Kasus kedua Revaldo yaitu, shabu seberat 62 gram dan satu paket ganja di kawasan Jakarta Barat, 20 Juli 2010.

8. Gary Iskak

Gary Iskak berurusan dengan hukum akibat kepemilikan shabu seberat 0,3 gram. Gary ditangkap pada 21 September 2007. Ia dijatuhi hukuman penjara 8 bulan dan denda Rp 1 juta.

9. Roy Marten

Artis senior Roy Marten tertangkap saat sedang pesta shabu di Novotel Hotel di Surabaya pada 13 November 2007. Dalam penangkapan ini polisi mengamankan 1,5 ons shabu, tiga alat pengisap (bong), korek api, alumunium foil dan sedotan dalam jumlah banyak. Roy Marten ini ditahan selama tiga tahun dan didenda Rp 10 juta. Sebelumnya pada 2 Febuari 2006, Roy Marten juga tertangkap atas kepemilikan 3 gram shabu. Roy kemudian harus masuk penjara selama 9 bulan.

10. Gogon

Pelawak Gogon ditangkap polisi di rumahnya di kompleks Bandara Mas, Neglasari, Kota Tangerang, karena kepemilikan narkoba jenis shabu pada 22 Agustus 2007. Gogon dijerat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 Pasal 62 tentang Penggunaan Psikotropika.

11. Jennifer Dunn

Di tahun 2005 Jennifer terseret kasus narkoba karena kepemilikan ganja. Empat tahun setelahnya Jennifer kembali berurusan dengan hukum karena kepemilikan ekstasi. Jennifer digerebek pihak kepolisian di daerah Jeruk Purut, Jakarta, pada 12 Oktober 2009.

12. Andika, eks Kangen Band

Andika tertangkap tangan mengkonsumsi narkotika jenis ganja pada 11 Maret 2011. Atas kasusnya tersebut Andika dijatuhi hukuman 1 tahun penjara.

13. Doyok

Pada November 2000 pelawak Doyok mendekam di penjara karena kepemilikan 0,3 gram narkotika jenis shabu. Doyok mendekam selama 1 tahun penjara.

(adi/zik)

0 Comments

Leave a Comment

18 + 14 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password