Legitnya si Hitam Manis, Kalamai Urang Awak

Covesia.com – Sumatra Barat, negeri yang tersohor dengan kearifan budayanya dan keelokan alam yang dipadu dengan kemahiran masyarakatnya dalam mengolah bahan makanan menjadikan Provinsi ini sebagai destinasi tujuan wisatawan.

Tidak hanya Kota Padang, Sumbar juga memiliki daerah-daerah lain yang wajib dikunjungi oleh para pelancong yang datang ke tanah malin kundang ini. Salah satunya Kabupaten Sijunjung, sama seperti daerah Sumbar lainnya sijunjung juga menjanjikan keindahan alam bagi pengunjungnya.

Jika anda berkunjung ke daerah yang identik dengan buah lansek (Duku) ini, ada baiknya anda mencoba “Kalamai Urang Awak”. Kalamai (Galamai) ini merupakan makanan khas Minang yang bercita rasa manis dan legit.

Makanan berupa cemilan yang mirip dengan dodol ini sangat cocok disantap sebagai makanan pencuci mulut. Kalamai terbuat dari beras ketan, gula, kelapa, dan tanpa pengawet yang dimasak secara tradisional menggunakan kayu bakar yang Urang Awak sebut dengan “tungku”.

Nah, Proses pengolahannya ini yang memberikan aroma khas pada cemilan yang berbentuk kenyal ini sehingga mampu mengugah selera.

“Cemilan ini menjadi salah satu incaran konsumen. Selain enak harganya juga murah, hanya perlu mengeluarkan Rp5000/ons hingga Rp50.000/kg,” Kata Ibu Leni (49) salah satu pembuat Kalamai Urang Awak kepada Covesia, Sabtu (10/01/2015).

Kalamai ini selain rasanya yang mengigit, bentuk kemasannya yang sangat unik dengan kemasan khusus yang terbuat dari tanaman “mansi” dan wadah rotan. Tidak hanya itu, ternyata cemilan khas ranah minang ini telah dipesan oleh pembeli sampai ke negara tetangga Malaysia.(fda/utr)

0 Comments

Leave a Comment

eleven − eight =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password