ASI Bagus untuk Perkembangan Otak Bayi

Covesia.com — Berdasarkan hasil penelitian, Air Susu Ibu (ASI) ternyata baik untuk perkembangan otak bayi. Bayi yang lama menyusu dengan ibunya, akan memiliki ukuran otak yang lebih besar.

Seperti dilansir dari Telegraph, Sabtu (10/01/2015), Profesor Robert Burton di Universitas Durham mengatakan bahwa “menyusui dan perkembangan otak saling berhubungan satu sama lain, tetapi ia tidak dapat mengatakan dengan pasti bahwa susu formula (susu bantu) bukanlah pengganti yang memadai.”

Penelitian yang melibatkan hampir 14.000 anak menemukan bahwa mereka yang menyusi ASI memperoleh nilai yang lebih baik dalam tes IQ. Dan bayi yang menyusui lebih cepat melakukan aktifitas membaca, menulis dan matematika pada saat mereka berumur sekitar lima, tujuh, sebelas dan empat belas tahun.

Disamping itu Prof. Barton dan timnya, menemukan bahwa menyusui yang lebih lama secara langsung mempengaruhi ukuran otak. Pedoman Organisasi Kesehatan Dunia yang menyarankan bahwa seorang ibu harus memberikan ASI selama 18 bulan atau dua tahun untuk sang anak. sehingga manfaat dari ASI tersebut bisa diperoleh sang bayi secara maksimal.

Selain itu begitu banyak manfaat ASI yang kita ketahui bagi sikecil, seperti memperkuat sistem ketahanan tubuh bayi yang membantu melawan infeksi telinga, sakit perut dan bahkan asma. Jadi jika anda benar seorang Ibu yang peduli dengan masa depan anak-anaknya, maka dia tahu bahwa air susunya memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk kebaikan anak-anaknya.(fda/utr)

0 Comments

Leave a Comment

20 − three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password