Mitos Es untuk Penyembuhan Luka Memar, Salah!

Covesia.com — Mungkin anda sering menaruh es pada luka memar dan otot yang terkilir agar luka tersebut membaik. Namun tahukan anda bahwa ternyata hal ini ternyata salah.

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, menaruh es pada bagian cedera dapat memperlambat penyembuhan.Pembengkakan yang terdapat pada luka memar tersebut harusnya diperiksa atau dikontrol dengan dokter. Karena menaruh es pada luka memar tidak akan mendorong penyembuhan ataupun menghilangkan rasa sakit.

Penelitian hal tersebut lebih menyarankan agar lebih memilih terapi bagi mereka yang terkena cedera otot yang menyebabkan peradangan. Peradangan otot akibat cedera memar harus segera diobati dengan cara yang tepat.

Seperti yang dilansir dari Telegraph, Sabtu (10/01/2015), Profesor Lan Zhou pada Pusat Penelitian Neuroinflamasi di Klinik Cleveland menemukan bahwa sel-sel yang meradang menghasilkan tingkat hormon yang tinggi, atau disebut insulin-like growth factor-1 (IGF-1) yang dapat meningkatkan rasio regenerasi otot.

“Penelitian ini bisa mengubah seberapa intens pengawasan terhadap pasien diperlukan ketika obat-obatan keras anti peradangan diberikan dalam waktu yang lama,” papar Zhou

Disamping itu, Editor Jurnal Biologi Eksperimental, Gerald Weissmann juga mengatakan bahwa agar cedera bisa cepat sembuh, kita harus mengontrol peradangan tersebut secara intens. Hal ini juga untuk memberitahu mengapa IGF-1 serta material-material lainnya yang dilepas oleh sel-sel yang meradang bisa dapat membantu cedera.(fda/peb)

0 Comments

Leave a Comment

twelve − ten =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password