Penemuan Senyawa Baru untuk Menbunuh Sel Kanker

Covesia.com – Para ilmuwan dari Oregon State University (OSU) telah mengembangkan metode baru yang lebih baik dalam mengobati penyakit kanker. Metode tersebut menggunakan senyawa unik yang dikenal dengan naphthalocyanine.

Senyawa ini dapat menghangatkan sel-sel kanker sampai sel tersebut mati dengan bantuan cahaya inframerah dalam jumlah tepat. Sel ini hanya akan membunuh sel kanker dan meninggalkan jaringan sehat.

Dilansir Covesia dari situs resmi Oregon State University, Sabtu (10/01/2015), senyawa ini juga dapat menghasilkan oksigen reaktif yang dapat membuat sisa sel kanker akan bersinar sehingga ahli bedah bisa menandakannya. Dengan begitu, saat dokter bedah melakukan operasi, sisa-sisa sel kanker tersebut bisa diangkat.

Namun, salah satu kelemahan naphthalocyanine adalah senyawa tersebut tidak larut air sehingga akan membentuk gumpalan ketika memasuki tubuh. Untuk mengatasi kelemahan senyawa ini, para peneliti menggunakan polimer yang larut dalam air yang disebut dendrimer.

Hasil penelitian yang sudah dipublikasikan di jurnal Nanoscale ini sudah diujicobakan pada tikus di laboratorium. Hasilnya, tidak ada efek samping sehingga penggunaan senyawa ini dapat meningkatkan tingkat keberhasilan pengobatan kanker.

Peneliti dari OSU mengklaim bahwa metode ini akan lebih efektif dan murah daripada metode konvensional lainnya.

Sebelumnya, para ilmuwan di Washington University juga telah menghasilkan seperangkat kacamata yang membuat ahli bedah dapat melihat sel-sel kanker bercahaya biru. Rencananya, penelitian ini juga akan diujicobakan pada anjing yang memiliki tumor ganas.(osd/peb)

0 Comments

Leave a Comment

four × two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password