Berkunjung ke Sumatera Harus Cicipi 10 Makanan Ini

Covesia.com – Keanekaragaman Indonesia yang dipisahkan oleh berbagai pulau, suku dan budaya ternyata juga menghasilkan berbagai kuliner yang menggugah selera. Covesia telah merangkum 10 daftar jajanan kuliner khas dan unik yang harus dicicipi oleh para wisatawan saat berkunjung ke pulau Sumatera.

1. Aceh

Mie Aceh adalah masakan mie pedas khas Aceh. Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mie Aceh Kuah (sup). Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis. saya sudah pernah makan nih, rasanya enak, banyak bumbunya.

2. Sumatera Utara (Medan)

Bika Ambon adalah sejenis penganan yang terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan. Bika Ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat.

3. Sumatera Barat (Padang)

Rendang (Randang) adalah salah satu masakan Minangkabau dengan bahan utama daging dan santan kelapa, yang kaya dengan kandungan rempah-rempah. Masakan dengan citarasa pedas ini digemari oleh seluruh kalangan, dan bisa ditemukan di seluruh rumah makan Padang. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) oleh CNN International.

4. Jambi

Gulai Ikan Patin adalah masakan yang populer di masyarakat Jambi. Gulai ini dimasak dengan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang cukup menyengat. Selain tempoyak, bumbu lain yang digunakan dalam pembuatan Gulai Ikan Patin ini adalah cabe merah, lengkuas, serai, kunyit, bawang merah dan bawang putih

5. Bengkulu

Pendap adalah makanan khas Bengkulu. Makanan ini sering diburu wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke daerah asal mereka. Pendap terbuat dari bumbu-bumbu yang beraneka ragam, seperti bawang putih, kencur, dan cabai giling. Kemudian, dicampur dengan parutan kelapa muda.

6. Riau

Gulai Belacan salah satu masakan khas dari Riau. Gulai ini dibuat dengan kuah campuran belacan atau terasi. Bahan utamanya adalah udang atau ikan.

7. Riau Kepulauan

Otak-otak adalah salah satu makanan khas di Kepulauan Riau, baik di Batam, Tanjung Pinang, maupun di Pulau Penyengat. Ada dua jenis otak-otak, yaitu otak-otak yang terbuat dari ikan dan dari cumi yang lebih pedas. Otak-otak ini dibungkus dengan daun kelapa dan kemudian dibakar dengan bara api.

8. Sumatera Selatan (Pelembang)

Pempek atau Empek-empek terbuat dari ikan dan sagu, Dimakan bersama saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

9. Bangka Belitung

Mie Bangka terbuat dari mie basah (kuning). Biasanya disiram dengan kuah berbumbu yang terbuat dari ikan, udang, cumi, atau kepiting, dan seringkali ditambahi toge atau kecambah, mentimun, dan kerupuk.

10. Lampung

Seruit adalah masakan ikan yang digoreng atau dibakar dan dicampur dengan sambal terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga. (adi/uji)

0 Comments

Leave a Comment

nineteen − 13 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password