Cegah Penyakit Liver Dengan Antioksidan

Covesia.com – Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Alabama, Birmingham, menunjukan bahwa antioksidan dapat mencegah kerusakan pada hati atau liver yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan. Hasil penelitian ini telah dimuat dalam jurnal Hepatology.

Victor Darley-Usmar, Ph.D, Profesor Patologi di UAB yang menjadi tim peneliti itu memperkenalkan sebuah antioksidan bernama Mitochondria-targeted ubiquinone atau MitoQ.

Ujicoba Antioksidan ini dilakukan pada mitokondria tikus yang telah diberikan alkohol setiap hari selama lima hingga enam minggu dalam jumlah yang cukup untuk menyamai konsumsi alkohol berlebihan pada manusia.

Darley-Usmar beserta para rekan kerjanya mengatakan bahwa antioksidan MitoQ tersebut mampu mencegah dan menetralisir radikal-radikal bebas sebelum mereka merusak mitokondria, mencegah rentetan efek-efek yang pada akhirnya berujung pada steatosis.

“Penemuan kami memberitahukan bahwa MitoQ bisa saja menjadi alat yang berguna bagi perawatan kerusakan hati oleh kebiasaan penggunaan alkohol yang lama,” ujar Darley-Usmar yang dilansir Covesia dari Popular Science, Minggu (11/1).

Catatan tahunan hepatologi memperkirakan bahwa 2 juta orang mengidap penyakit hati yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebih. Sebanyak 90 persen sirkosis hati terhubung dengan penyalahgunaan alkohol.

Studi-studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa MitoQ dapat secara aman diberikan pada manusia dalam jangka waktu lama. Antioksidan tersebut bisa saja berpotensi untuk memperbaiki tahap-tahap awal penyakit hati pada pasien-pasien dengan penyakit hati alkoholik.

(osd/zik)

0 Comments

Leave a Comment

12 − 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password