Lebih Sakit Mana, Pasangan Selingkuh Batin atau Selingkuh Fisik?

Covesia.com – Apa yang membuat seseorang kecewa dengan pasangannya? Apakah ketika mengetahui pasangannya berhubungan intim dengan orang lain meskipun tidak jatuh cinta dengan selingkuhannya tersebut, atau ketika pasangannya jatuh cinta dengan orang lain meskipun tidak melakukan hubungan seks?

Pertanyaan inilah yang hendak dijawab oleh penelitian dari Chapman University, California. Peneliti menanyakan respon 64.000 orang narasumber yang dilakukan selama tahun 2010 hingga 2014. Dilansir Covesia dari Dailymail, Selasa (13/01/2015), penelitian ini melibatkan narasumber yang berumur 18 – 65 tahun.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Archives of Sexual Behaviour ini menunjukan terdapat perbedaan sikap yang berkaitan dengan jenis kelamin. Ternyata, 54 persen laki-laki lebih sakit hati jika pasangannya melakukan hubungan seksual dengan selingkuhannya dibandingkan sekadar jatuh cinta.

Kemudian, 65 persen perempuan justru lebih sakit hati saat mengetahui jika pasangannya jatuh cinta pada orang lain dibandingkan berhubungan seksual dengan selingkuhannya.

Alasannya, pria menjadi lebih sakit hati jika pasangannya selingkuh, karena pasangannya itu bisa saja hamil sehingga muncul keraguan apakah anak yang dikandung pasangan memang anaknya atau anak orang lan.

Sebaliknya, wanita justru lebih sakit hati saat mengetahui pasangannya mencintai selingkuhannya, meskipun tanpa hubungan seksual. Pasalnya, wanita tidak pernah menghadapi masalah ketidakpastian ibu, karena mereka dapat yakin bahwa anak mereka membawa adalah milik mereka.

Para peneliti juga menjelaskan bahwa laki-laki yang dibesarkan untuk menjadi maskulin, termasuk memiliki kecakapan seksual yang besar. (osd/peb)

0 Comments

Leave a Comment

3 × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password