Potensi Besar, Indonesia Pantas Diasah Main Musik Klasik

Covesia.com – Komposer Avip Priatna menilai dalam beberapa tahun belakangan perkembangan musik klasik di Indonesia cukup menggembirakan. Dimana, banyak orang tertarik untuk belajar, menonton dan menggelar pertunjukan musik klasik.

Dalam beberapa hal, menurut konduktor Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers ini, Indonesia memang belum sebaik negara-negara maju dalam hal musik klasik. Namun, ia menilai Indonesia memiliki potensi besar dalam bidang musik klasik tersebut.

Menurut dia, bakat-bakat itu perlu diasah dengan pendidikan musik formal, contohnya dalam pendidikan musik klasik musisi diajari perbedaan komposisi yang dibuat pada zaman Barok dan zaman Renaisans yang belum tentu didapat bila belajar sendiri.

“Orang Indonesia punya potensi luar biasa. Enggak belajar di sekolah musik bisa main gitar, nyanyi. Di luar (negeri) pasti nanya sekolah di mana,” kata Avip saat jumpa pers “50 Years of Blessing” di Jakarta, Jumat.

“Untuk sementara ini, mereka (konduktor) mencari pengalaman dengan ikut (konser) sana-sini,” kata Direktur Musik The Resonanz Music Studio ini.

(ant/zik)

0 Comments

Leave a Comment

8 + nineteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password