Manjakan Wisatawan, Pasbar Percantik Pantai Sasak

Covesia.com – Pantai Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat terus dipercantik, sehingga mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pantai Sasak kini sudah menjadi tempat tujuan bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar Kabupaten Pasaman Barat.

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat membangun tiga unit rumah lapau (rumah pakai warung-red) untuk para pedagang di pantai Muaro Sasak. Pembangunan ini tentu sebagai penunjang wisata di daerah itu sehingga tambah cantik dan molek.

Kepala Dinas Kabudayaan Pariwisata Pasaman Barat, Afrizal Azhar kepada covesia.com mengatakan keberadaan rumah lapau ini cukup mendukung wisata selama ini. Sebab tahun 2014 lalu ada sekitar 12 unit rumah lapau telah dibangun.

“Pengembangan pantai Sasak dan Pantai Air Bangis akan terus kita lakukan. Salah satu programnya dengan membangun rumah lapau bagi pedangang di tepi pantai,” sebut Afriza Azhar.

Saat ini pantai Sasak dihuni lebih dari 30 Kepala Keluarga (KK) yang bertempat tinggal di kawasan pinggir pantai, sekaligus menjadi lokasi wisata kuliner andalan Pasaman Barat. Pantai tersebut terus dibenahi dalam rangka memberikan sebuah kenyamanan dan pandangan yang indah bagi para wisatawan.

“Rumah lapau yang kita bangun ini, dipinjam pakaikan kepada masyarakat yang selama ini menempati kawasan pesisir tersebut” sebutnya.

Menurut Afriza Azhar, rumah lapau ini disamping dapat memberikan keindahan bagi objek wisata, tentu juga akan dapat memberikan kenyamanan dan sanitasi lingkungan yang baik bagi masyarakat. Karena, selama ini mereka hanya tinggal di rumah yang mirip gubuk dan tidak punya sanitasi yang baik ditinjau dari sisi kesehatan.

“Dengan konstruksi yang memungkinkan masyarakat berjualan di depan rumah lapau, diharapkan secara signifikan akan mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat” sebutnya.

Saat ini rumah lapau yang telah dibangun tersebut sudah ditempati oleh masyarakat setempat. Dan pengunjungpun kini lebih nyaman karena lebih tertata dan bersih. (man/cal)

0 Comments

Leave a Comment

twelve − 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password