Cara Alami Atasi Beser

Covesia.com – Kemih yang tak tertahankan (stress incontinence) atau sering disebut beser disebabkan berbagai hal di antaranya, tekanan dari perut, gangguan kandung kemih dan saluran kemih.

Data menunjukkan masalah beser dialami sekitar 65-75 persen penderita obesitas. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya penderita mengurangi berat badanya hingga beratnya ideal.

“Penurunan berat badan lebih dari lima persen sama dengan 50 persen penurunan inkontinensia (beser), penurunan 1,4 kilogram per tiga bulan sama dengan episode inkontinensianya turun 60 persen,” ujar dr. Fernandi Moegni, SpOG dalam salah satu seminar kesehatan di Jakarta.

Selain mengurangi berat badan, Fernandi, juga menyarankan untuk latihan kandung kemih untuk mengatasi beser. Menurut dia, berkemih secara teratur dapat mencegah kandung kemih penuh sehingga mengurangi keluarnya air seni.

Dalam latihan ini yang perlu dilakukan ialah membatasi masuknya cairan yakni hanya 2-2,5 liter per harinya.

Terakhir, bila kasus yang dihadapi tergolong berat, maka prosedur bedah lazim diambil para dokter untuk mengatasi masalah beser.

Prosedur ini prinsipnya menunjang jaringan sekitar leher kandung kemih yang lemah melalui pemasangan pita mesh.

(ant/zik)

0 Comments

Leave a Comment

17 − seven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password