Turis Australia Ikut Goyang Hoyak Tabuik Pariaman

Pariaman – Pesta Hoyak Tabuik Piaman 2014 digandrungi turis mancanegara. Adalah Mrs. Jane (36), turis warga Australia yang datang melihat Puncak Prosesi Pesta Tabuik ke Pariaman, Sumbar, Minggu (9/11/2014). Ia bahkan ikut berjoget mengiringi irama gendang tasa yang ditabuh anak Nagari Pariaman. “Alunan gendang yang berirama keras dan membangkitkan semangat ini, membuat saya ikut berjoget,” katanya kepada covesia.com, Minggu (9/11/2014).

Ia juga menyebutkan, Pesta Budaya Tabuik sangat menarik, bagus dan patut dilestarikan. “Makanya saya jauh-jauh datang dari Australia ke sini melihat langsung pesta budaya ini,” ujarnya.

Kesan yang sama juga diungkapkan perantau Miang asal Tanjungkarang, Lampung bernama Edi. Bahkan melihat Jane berjoget, ia juga ikut bergoyang dibawah lantunan gendang Tasa yang ditabuh anak Nagari Tabuik Subarang dan Tabuik Pasa. “Semua orang bisa terbuai dan terbius untuk berjoget mendengar alunan musik tradisional khas Pesta Tabuik ini,” tegasnya.

Perayaan Tabuik di Pariaman sudah berlangsung ratusan tahun, dan dilakukan secara terus menerus berlangsung dari 1-10 Muharam, penanggalan Islam itu, tidak akan bisa dilepaskan dari sejarah memperingati meninggalnya cucu nabi Muhammad SAW (Rasululah) yangbernama Husein pada tahun 61 Hijriyah, yang bertepatan pula dengan tahun 680 Masehi. (def/cal)

0 Comments

Leave a Comment

ten + 16 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password