- Advertisement -
BerandaLifestyleKadis Kesehatan Sebut di 2019 Terjadi 2.350 Kasus Kanker di Sumbar

Kadis Kesehatan Sebut di 2019 Terjadi 2.350 Kasus Kanker di Sumbar

- Advertisement -

Covesia.com – Kepala Dinas kesehatan Sumbar Merry Yuliesdai, mengatakan situasi kanker di Sumbar mencapai angka 1.746 dengan 12 jenis kanker yang diderita. Kanker terbanyak diderita perempuan adalah kanker payudara mencapai 303 kasus sedang laki-laki menderita kanker paru dengan angka 213 kasus.

Tahun 2018 penderita kanker naik menjadi 2.396 kasus. Kanker payudara masih menjadi momok menakutkan bagi perempuan dengan jumlah 422 kasus dan kanker darah untuk laki-laki dengan angka 374 kasus.

Di tahun 2019 jumlah kanker yang terdapat di Sumbar di angka 2.350, kanker payudara bagi wanita di angka 469 dan bagi laki-laki kanker yang paling banyak dialami ialah kanker paru dengan jumlah 130 kasus.

Dikatakan Merry, anak SMA sekarang perlu edukasi yang optimal mengenai bahaya kanker dan berkelanjutan. Tak hanya itu, juga diimbau kepada guru-guru bagaimana menciptakan rumah tangga yang sehat, suami tidak merokok.

Merry mengimbau masyarakat untuk selalu cerdik. Cek kesehatan secara rutin, enyahkan rokok, rajin olahraga, diet seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres.

(ila/rdk)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -