Dua Orang Napi di Lapas Kelas ll B Pariaman Terjangkit Virus HIV

Covesia.com – Kepala Lapas (kalapas) Kelas ll B Pariaman, Eddy Junaidi mengatakan, ada dua orang narapidana di lapas tersebut terjangkit virus HIV (human immunodeficiency virus), namun terkait hal itu di lapas tersebut masih  belum memiliki sarana dan prasarana untuk ruang isolasi.

“Selain HIV di sini juga ada satu orang napi yang mengalami penyakit TB atau Tuberkulosis,” sebut Eddy Junaidi pada Jumat (6/3/2020).

Lanjut Eddy, ketiga napi itu sudah dirawat dan masih menjalani peratawan intensif oleh pihaknya yang bekerjasama dengan pihak Puskesmas Kota Pariaman.

Dikatakan Eddy, terkait pengobatan napi itu pihaknya sudah mengusahakan semampunya, meski sarana dan prasarana masih belum memadai.

“Seperti kasus penyakit TB, dimana korban sebaiknya diisolasi, tapi karena kendala tersebut korban hanya dirawat intensif tanpa isolasi,” ungkapnya. 

Eddy juga mengatakan, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada narapidana, pihaknya juga sudah menandatangani MoU dengan Dinas Kesehatan Kota Pariaman, melalui puskesmas kota tersebut tahun 2020 ini untuk memperiksa kesehatan seluruh warga binaan.

“Pemeriksaan tersebut kami lakukan setiap hari Selasa pada tiap minggunya,” ujarnya. 

Namun Eddy juga berharap, kepada kementerian atau direktorat pemberdayaan masyarakat untuk dapat memberikan sarana dan prasarana di lapas ini untuk mendukung kesuksesan pembinaan warga binaan.

Harapan itu juga ditujukan kepada Walikota Pariaman dan Bupati Kabupaten Padang Pariaman untuk membantu prasarana di lapas tersebut.

(per/don)

0 Comments

Leave a Comment

3 × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password