Tiga Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan Rambut

Tiga Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan Rambut Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Tanaman lidah buaya sangat banyak digunakan orang untuk menjaga kesehatan kulit dikarenakan tanaman tersebut mengandung banyak vitamin. 

Selain digunakan untuk kecantikan kulit,  tanaman lidah buaya juga banyak digunakan orang untuk merawat rambut. 

Dirangkum Covesia dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut Anda.

1. Mengatasi/mengurangi rambut rontok

Ada banyak penyebab rambut rontok mulai dari genetik, perubahan hormon, stres, gonta-ganti gaya rambut, dan lain-lain. Buat kamu yang mengalami rambut rontok, kamu bisa mencoba perawatan rumahan dengan cara mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala.

Lidah buaya bisa mengurangi rambut rontok dikarenakan lidah buaya mengandung banyak vitamin pada lendirnya.

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi pada pergantian sel, meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan rambut berkilau. Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini dapat mencegah rambut rontok. 

2. Menghilangkan ketombe

Selain untuk mengurangi rambut rontok, khasiat lidah buaya juga bisa menghilangkan ketombe.

Jika Anda memiliki rambut yang rentan berketombe, terdapat banyak perawatan alami seperti lidah buaya yang bisa membantu menghilangkan ketombe.

Gel dari daun tanaman jenis sukulen berkhasiat menghilangkan ketombe dengan cara dioleskan di kulit kepala yang berketombe. Gel dari lidah buaya akan terasa sejuk saat dioleskan.

Sensasi “dingin” setelah kulit diolesi lidah buaya berasal dari kandungan bahannya yang mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan komponen lain. Berkat kandungan alaminya, manfaat lidah buaya telah digunakan selama ratusan tahun untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

3. Mengatasi rambut kering

Manfaat lidah buaya untuk rambut berikutnya adalah memperbaiki rambut rusak. 

Rambut rusak umumnya ditandai dengan dengan kondisi rambut yang kering, kasar, dan bercabang. 

Hal tersebut dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat, hingga terlalu sering menata rambut dengan alat styling rambut. 

Anda bisa merawat rambut rusak dengan mengoleskan gel dari lidah buaya. 

Kandungan vitamin dan kolagen yang tinggi dalam lidah buaya diyakini dapat memperbaiki kerusakan rambut dan membuat rambut terasa lembap.

(Mgg/Rina Syafrimon)

Berita Terkait

Baca Juga