POM RI : Jajanan Anak-anak di Sekolah Perlu Diawasi

POM RI  Jajanan Anakanak di Sekolah Perlu Diawasi Badan POM RI (net)

Covesia.com - Beredar bebasnya jajanan anak sekolah yang tidak mendapat kontrol dari dinas kesehatan atau instansi yang terkait perlu mendapat perhatian bagi para orang tua dan pihak sekolah.

Jajanan yang tidak mendapat lisensi kesehatan tersebut dikhawatirkan tidak memenuhi standar kesehatan yang ada, sehingga bisa menimbulkan beragam jenis penyakit bagi yang mengkonsumsinya.

Oleh karena itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (POM RI) meminta sekolah-sekolah yang ada di Indonesia mengawasi secara ketat pangan dan jajanan anak-anak sekolah. Hal ini ditujukan sehingga keamanan pangan pada jajanan anak sekolah dapat ditingkatkan.

Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan POM RI, Devi Riani, mengatakan perlu adanya peran komunitas sekolah serta tindak lanjut dari program Aksi Nasional Pangan Jajanan Anak Sekolah (ANPJAS).

"ANPJAS perlu terus kembangkan. Program ini harus terus berjalan dan perlu komitmen dari berbagai pihak mulai dari komunitas sekolah, masyarakat dan juga pemerintah agar program ini terus berkelanjutan di masa yang akan datang demi terwujudnya Pangan Jajanan Anak Sekolah yang aman, bermutu dan bermanfaat," katanya.

Ia berharap program ANPJAS dapat disinergikan di masa yang akan datang sehingga Keamanan Pangan pada jajanan anak sekolah dapat ditingkatkan. (ary)

Berita Terkait

Baca Juga