Bayi Berkelamin Ganda Lahir di Padang

Bayi Berkelamin Ganda Lahir di Padang Adek Syahputra balita 11 bulan divonis dokter menderita 'Ambigus Genetalia' atau penyakit kelamin ganda, Rabu (10/12/2014) (doni/covesia)

Covesia.com - Seorang bayi warga Kelurahan Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat terlahir dengan kondisi memiliki kelamin ganda (ambiguous genitalia).

Bayi yang bernama Adek Syahputra ini merupakan anak kedua dari pasangan April Soni dan Devi Fitriani yang berprofesi sebagai pedagang jagung bakar dan asisten rumah tangga.

Sesuai dengan namanya, status adek pada akte kelahirannya berjenis kelamin laki-laki. Karena ciri-ciri fisik Adek lebih mengarah pada seorang laki-laki.

"Dokter sudah menyatakan kelainan ini sejak anak saya baru dilahirkan. Selain itu dokter juga mengharuskan melakukan operasi pada kelaminnya," kata April Soni, Ayah Adek kepada covesia.com, Selasa (9/12/2014).

Namun hingga kini Adek Syahputra sudah berusia 11 bulan belum memperoleh penanganan secara medis. Hal ini karena ketidakberdayaan ekonomi keluarga, yang merupakan masyarakat kurang mampu.

Mengingat biaya yang dibutuhkan adalah sebesar Rp70 Juta. Kedua orang tua Adek hanya bisa pasrah melihat kondisi buah hati mereka saat ini. Mereka berharap pemerintah bisa membantu biaya operasi sang anak agar buah hatinya bisa dapat hidup normal seperti anak-anak pada umumnya.

Kelamin ganda adalah suatu kejadian langka dimana alat kelamin bayi tidak jelas sebagai alat kelamin laki laki atau perempuan. Pada penderita kelamin ganda, alat kelamin tidak tumbuh sempurna atau bayi tersebut mempunyai dua buah alat kelamin, yaitu alat kelamin laki laki dan perempuan.

Kelamin ganda bukanlah suatu penyakit tetapi merupakan suatu gangguan pertumbuhan dari alat kelamin seseorang ketika masih janin (bayi). (utr/bim)

Berita Terkait

Baca Juga