Alasan Kenapa Anda Tak Boleh Tidur Saat Pesawat Lepas Landas

Alasan Kenapa Anda Tak Boleh Tidur Saat Pesawat Lepas Landas

Covesia.com - Jika anda terlalu lelah, wajar jika anda ingin tidur saat sudah masuk ke pesawat. Tapi, pastikan anda tidak tidur sampai setelah pesawat lepas landas, karena ada efek bahaya buat kesehatan.

Dikutip covesia.com dari laman dokterpedia, apoteker Inggris, Angela Chalmers, mengatakan bahwa perubahan ketinggian akan membuat perubahan tekanan pada udara sehingga menimbulkan tekanan di telinga. Hal ini akan menimbulkan semacam penuh di area tabung Eustachian sehingga telinga terasa tertutup atau tersumbat.

Perubahan tekanan yang cepat ini bisa menimbulkan ketiknyamanan di telinga. Jika anda tidak siap, tekanan ini bisa berisiko merusak gendang telinga. Dan tidur saat landing dan take off, akan memperbesar kemungkinan itu.

Ia menyarankan untuk tidak tidur dulu saat take off atau landing karena anda lebih sedikit menelan udara saat tidur. Untuk membuat telinga beradaptasi dengan perubahan ketinggian, anda harus tetap sadar dan banyak menelan sehingga telinga tidak terasa tersumbat.

Akan lebih baik jika anda mengunyah permen karet, minum air atau menutup telinga dengan kapas untuk mengurangi efek perubahan tekanan pada telinga.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga