Pentingnya Terapkan Pola Asuh yang Bijak Terhadap Anak Sejak Dini

Pentingnya Terapkan Pola Asuh yang Bijak Terhadap Anak Sejak Dini

Covesia.com - Menjadi manusia yang berkualitas, sehat, bermoral dan berguna bagi agama dan bangsa, harus di persiapkan sejak dini, dan sangat penting dipersiapkan dengan pembinaan dan pola asuh semenjak dini. Hal itu dituturkan Camat Malalak, kabupaten Agam, provinsi Sumatera barat, (Sumbar), Hidayatul Taufiq.

Menurutnya, anak dibawah usia 10 tahun memang sudah bisa berpikir dan menilai hal yang mereka lihat atau mereka dengar, namun sayangnya mereka belum memiliki pondasi yang kuat untuk tidak mengikuti hal baik dan buruk, serta menilai apa yang mereka lakukan bisa bebas diikuti asal mereka senang.

Hal seperti ini yang membuat orang tua dan guru yang membimbing mereka baik dirumah atau sekolah harus bekerja secara ekstra.

“Usia dini memang waktunya mereka mengerti apa yang mereka lihat dan dengar atau yang mereka rasakan, namun mereka masih belum bisa mencerna dengan baik. Untuk itu pembentukan karakter sangatlah penting,” ujarnya usai memberikan materi membangun pribadi yang berkarakter, sholeh dan pantas dibanggakan di SDN 04 Malalak Timur Senin, (2/4/2018).

Selain itu, untuk  mencetak generasi yang berkualitas tidak bisa hanya diserahkan kepada guru disekolah, tetapi butuh kerjasama dan perhatian dari seluruh pihak terutama dari orangtua dirumah, apa yang di lihatnya di rumah berkemungkinan besar akan ditirunya.

"Jadi orang tua harus konsisten dalam mengajarkan yang baik dan memberi contohnya, jika nasehat dan sikap yang kita berikan, anak-anak lebih meniru sikap kita, “lanjutnya.

Hidayatul Taufiq juga menjelaskan, memberikan media dan tontonan  yang tepat pada anak-anak, juga bisa memberikan pengaruh besar dalam pembentukan karakter, jika disuguhi tontonan yang bisa merusak fikiran dan moral tentunya dalam kehidupan sehari-hari sikap buruk pun akan di perlihatkan, “ tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga