Bunda, Ini Lho 5 Posisi yang Dapat Mempermudah Proses Persalinan Normal

Bunda Ini Lho 5 Posisi yang Dapat Mempermudah Proses Persalinan Normal ilustrasi

Covesia.com - Bagi ibu hamil,  saat menjalani persalinan normal, setiap ibu harus siap menghadapi rasa sakit yang tidak tertahankan. Namun ada beberapa posisi yang dianggap dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan normal. Apa saja?

Ada banyak cara untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga agar otot-otot yang digunakan saat melahirkan tidak kaku. Selain itu, posisi anda saat melahirkan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Seperti apa posisi tersebut? Yuk simak ulasan berikut dikutip covesia.com dari laman doktersehat:

1. Posisi miring

Ada banyak posisi yang disarankan saat melahirkan normal, tergantung dari kondisi bayi dan kesehatan ibu. Salah satu posisi yang disarankan adalah posisi miring dengan salah satu kaki diangkat dengan posisi kaki satunya berada dalam keadaan lurus. Biasanya posisi ini disarankan bagi bayi yang kepalanya belum tepat di jalan lahir.

2. Posisi jongkok

Posisi ini dipercaya merupakan posisi persalinan alami. Selain mendapat batuan dari gaya gravitasi bumi, ibu masih bisa dengan mudah mengontrol saat mengejan. Namun sayangnya posisi ini dapat menyulitkan dokter dan bidan untuk memantau perkembangan bukaan.

3. Posisi setengah duduk

Posisi setengah duduk juga menjadi posisi pilihan para ibu untuk melahirkan. Dengan setengah duduk, Anda dapat bersandar pada pasangan Anda dengan cara yang nyaman dengan posisi kaki terbuka. Cara ini akan membuat panggul melebar sehingga mempermudah persalinan.

4. Posisi berlutut

Posisi ini dilakukan dengan bertumpu dengan kedua kaki ditekuk dan terbuka sehingga memudahkan bayi keluar dengan bantuan gravitasi bumi. Sama halnya dengan posisi jongkok, posisi ini memanfaatkan gravitasu untuk mempermudah porses kelahiran.

5. Posisi merangkak 

Ambillah posisi merangkak dengan kedua lengan depan menopang tubuh. Posisi ini dipercaya dapat meredakan nyeri punggung dan mempercepat posisi bayi turun ke panggul.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga