Bunda, ini Lho Persiapan yang Perlu dilakukan Saat Pertama Kali Bawa Bayi Dalam Pesawat

Bunda ini Lho Persiapan yang Perlu dilakukan Saat Pertama Kali Bawa Bayi Dalam Pesawat

Covesia.com - Mengajak bayi merasakan Lebaran di kampung halaman menjadi momen bahagia yang kerap dinantikan sebagian orang tua. Darat, laut, udara siap ditempuh, betapa pun jauhnya. Namun untuk mempersingkat waktu, perjalanan via udara alias naik pesawat dapat anda jadikan pilihan utama.

Nah, jika anda hendak mengajak si Kecil naik pesawat, sederet persiapan matang menjadi hal utama yang harus dilakukan. Pasalnya, bisingnya suara di kabin, perbedaan tekanan udara, dan sesaknya penumpang sering membuat bayi merasa tidak nyaman. Apalagi perjalanan udara tidak bisa berhenti di tengah jalan.

Lantas, persiapan seperti apa yang perlu dilakukan jika hendak mengajak bayi bepergian naik pesawat? Berikut covesia.com mengulasnya dari laman doktersehat.

1. Pastikan maskapai mengizinkan anda membawa bayi dengan usianya saat ini

Tiap-tiap maskapai memiliki izin khusus terkait usia bayi yang diperbolehkan naik pesawat. Bahkan, ada maskapai yang mengharuskan orang tua membawa surat keterangan layak jalan pada bayi-bayi yang baru lahir.

Mengetahui adanya hal tersebut, anda wajib memastikan apakah si Kecil diizinkan untuk naik pesawat tersebut sebelum akhirnya memesankan tiket untuknya.

2. Gunakan pakaian yang nyaman dan hangat

Pastikan si Kecil menggunakan pakaian yang nyaman, agar dirinya dapat bergerak leluasa. Pastikan pula pakaian tersebut cukup hangat, guna menahan dinginnya udara di dalam pesawat. Dengan rasa nyaman dan kehangatan yang diberikan pakaian tersebut, bayi akan lebih tenang selama terbang menuju kampung halaman.

3. Bawa penutup telinga

Suara bising dari mesin pesawat dan pengumuman yang dilontarkan lewat pengeras suara dapat membuat istirahat si Kecil sedikit banyak terganggu. Untuk membantu ia lelap tertidur saat di pesawat, penutup telinga bisa jadi solusinya.

4. Siapkan satu set baju dan popok bersih

Anda tidak pernah tahu kapan bayi akan buang air besar atau muntah selama dalam perjalanan. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa serta satu set baju yang mudah dikenakan, popok bersih, tisu basah dan kering di tas kecil yang mudah dijangkau.

5. Susui bayi saat pesawat lepas landas dan mendarat

Saat pesawat lepas landas dan mendarat, tekanan udara dalam kabin akan mengalami perubahan yang cukup drastis. Perubahan ini mengakibatkan  telinga terasa tersumbat dan kerap menimbulkan keluhan tidak nyaman.

Menelan ataupun menguap dapat membantu mengurangi keluhan tersebut. Bagi bayi, aktivitas menelan dapat dicipkatan dengan memberikannya ASI pesawat lepas landas dan mendarat.

Di samping kelima hal di atas, anda juga dianjurkan untuk terlebih dahulu membawa si Kecil ke dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kondisi bayi benar-benar siap untuk melakukan perjalanan udara selama beberapa saat. 

Dengan ini semua, anda dan si Kecil akan melewati perjalanan yang nyaman dan menyenangkan. Selamat mudik Lebaran!

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga