Aneh Tapi Ampuh, Cara Alami ini Ternyata Bisa Atasi Flu

Aneh Tapi Ampuh Cara Alami ini Ternyata Bisa Atasi Flu ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Saat musim hujan, flu adalah salah satu penyakit yang paling sering menyerang. Umumnya, gejala flu meliputi hidung tersumbat, batuk, pilek, dan kadang disertai demam.

Meski biasanya bisa sembuh sendiri dengan istirahat, tapi flu tetap bisa mengganggu aktivitas jika tidak diobati dengan benar. Bosan dengan obat dan ingin coba yang lebih alami?

Coba dulu mengatasinya dengan cara-acara alami ini. Meski sebagian terlihat aneh, tapi bisa jadi ampuh usir flu, dikutip covesia.com dari laman klikdokter.

Kaus kaki kotor

Tradisi pengobatan flu yang bermula di Inggris ini dilakukan dengan cara dua langkah: mengoleskan lemak babi atau lemak ayam ke tenggorokan, lalu melilitkan kaus kaki kotor di area leher.

Logika sederhananya, menempatkan kaus kaki di sekitar leher akan memproduksi keringat. Proses ini akan membantu tubuh dalam melawan kuman. Saat pengobatan ini besar pada masanya, penggunaan kaus kaki kotor menandakan seseorang memiliki penyakit tenggorokan yang serius.

Sebelum ditemukannya obat-obatan dan vaksin, kaus kaki kotor bisa dibilang merupakan peringatan kepada orang lain untuk menjauhi pemakainya.

Sup kadal

Masih bisa ditemukan hingga hari ini, banyak penduduk Hong Kong yang mengandalkan sup kadal untuk mengobati flu (ya, bukan sup ayam). Resepnya mudah, yaitu merebus kadal yang sudah dikeringkan, yam (sejenis umbi), dan jujube (kurma Cina).

Memang belum ada studi yang membicarakan sup kadal, atau membandingkan khasiat sup ayam dan sup kadal. Namun, pada dasarnya sup berkaldu panas dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang lewat keringat, membuang ingus, batuk, serta dapat mengencerkan lendir.

Umeboshi

Di Jepang, banyak orang yang mengonsumsi umeboshi alias acar (sejenis) aprikot untuk menyembuhkan pilek, flu, atau penyakit lainnya. Bisa dikonsumsi langsung (jika tahan) atau dicampurkan ke dalam secangkir teh panas dengan jahe dan lemon.

Dikatakan bahwa khasiat umeboshi datang dari efek antibakteri yang dimilikinya. Meski belum ada yang mendukung klaim tersebut, tapi paling tidak makanan ini punya efek plasebo sebagai comfort food tradisional bagi masyarakat Jepang.

Gogol mogol dan tamagozake

Asli dari Rusia dan Ukraina, minuman ini merupakan campuran dari kuning telur yang dikocok dengan satu sendok teh madu atau gula. Campurkan dengan setengah cangkir susu yang yang telah dipanaskan dengan satu sendok teh unsalted butter.

Belum ada studi yang membahas mengenai khasiat dari gogol mogol. Namun, konsistensi yang lembut dari minuman ini dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan. Tak hanya itu, kandungan L-tryptophan pada susu juga bisa membantu seseorang untuk tidur lebih baik jika dikombinasikan dengan karbohidrat seperti sereal.

Mirip gogol mogol, tak sedikit masyarakat yang mengandalkan tamagozake agar bisa pulih dari flu. Tamagozake mengandung gula, sake yang dipanaskan, dan telur mentah. Sake dipercaya dapat membantu tidur lebih nyenyak, sedangkan telur dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Ai Ye

Banyak masyarakat Cina yang membakar Ai Ye (yaitu Artemisia argyi atau wormwood, juga dikenal sebagai salah satu bahan penting pembuat minuman beralkohol absinthe) kala flu. Katanya, membakar daun kering Ai Ye ini memiliki efek antiseptik yang dapat mencegah penyebaran flu dan melindungi tubuh dari infeksi lebih lanjut atau komplikasi dari flu.

Meski dikatakan memiliki efek antibakteri dan digunakan dalam berbagai bentuk pengobatan Cina, tapi sebaiknya hindari menghirup asap apa pun ketika anda sedang flu atau pilek. Asap bisa menjadi iritan pernapasan dan makin menghambat saluran pernapasan.

Yujacha

Berasal dari Korea, yujacha adalah minuman dari campuran yuzu (buah turunan dari jeruk mandarin dan citrus ichangensis, punya rasa asam dan manis yang unik) dan air panas. Tinggi akan vitamin dan disajikan panas, minuman ini akan membantu tubuh mengeluarkan racun.

Cokelat panas

Sebuah studi di Inggris pernah meneliti kaitan antara batuk dan teobromina, salah satu senyawa yang ditemukan dalam kakao. Dibandingkan dengan kodein, teobromina ditemukan lebih efektif dalam menekan batuk. Para peneliti menduga bahwa teobromina di sini bekerja di saraf vagus, yang dapat memicu batuk.

Meski skala studi di atas tergolong sangat kecil, tapi secangkir cokelat panas yang terbuat dari susu rendah lemak dan dark chocolate (paling tidak 70 persen kokoa) bisa mendatangkan manfaat antioksidan. Tak hanya itu, susu panas pada minuman yang dikabarkan pertama kali ditemukan di Belanda ini juga diketahui bisa bikin tidur lebih nyenyak.

Teh kunyit

Telah dikonsumsi secara turun-temurun, masyarakat India dan Jepang telah lama mengandalkan khasiat teh kunyit untuk memerangi flu. Tak hanya flu, minuman ini juga dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit, termasuk Alzheimer. Ini karena kandungan curcumin dalam kunyit dapat memperkuat sel-sel otak.

Sebelum mengonsumsi obat-obatan, mungkin anda bisa mencoba dulu beberapa cara alami mengatasi flu yang disebutkan di atas. Pilihlah cara yang tidak terlalu asing dan aneh bagi anda.

Langkah lainnya untuk mencegah dan mengatasi flu adalah dengan menjaga kebersihan diri, rumah, dan lingkungan. Selain itu, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan berolahraga secara rutin demi meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit!

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga