3 Tips Rawat Sepatu Saat Musim Hujan Datang

3 Tips Rawat Sepatu Saat Musim Hujan Datang ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas, tentu musim penghujan menjadi tantangan tersendiri, karena bukan hanya pakaian saja yang berisiko basah, tapi juga sepatu yang dikenakan untuk bekerja. Menjaga sepatu yang dipakai untuk senantiasa dalam kondisi kering menjadi sangat sulit pada periode ini.

Sepatu yang dibiarkan dalam keadaan basah atau lembap akan menjadi lebih cepat rusak, mulai dari kondisi lem yang menjadi kurang rekat, warna pudar, berjamur, hingga bau. Akan tetapi jangan khawatir karena di sini kamu akan menemukan tips untuk menjaga dan merawat sepatu kesayanganmu selama musim hujan, dikutip covesia.com dari laman iprice:

Bersihkan setelah pemakaian

Jika sepatumu terkena noda lumpur akibat hujan, jangan tunggu sampai besok untuk membersihkannya, karena semakin lama kotoran menempel di sepatu maka semakin sulit juga untuk membersihkannya.

Cucilah sepatu dengan menggunakan air hangat  bukan air panas  yang dicampur dengan deterjen cair. Gunakanlah sikat halus untuk menghilangkan noda lumpur tersebut. Penggunaan air panas saat mencuci sepatu hanya akan merusaknya, lem bisa menjadi tidak rekat dan mengelupas lapisan sepatumu.

Serap air dengan kertas koran

Jika bagian dalam sepatumu basah atau lembap dan kamu ingin memakainya kembali besok, jangan khawatir. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah menyerap air yang ada di dalam sepatumu dengan menggunakan kertas koran. Jika kertas tersebut mulai lembap, ganti dengan gulungan koran yang masih kering.

Jika kelembapannya sudah mulai berkurang, jemur sepatumu. Jemurlah dalam kondisi berdiri agar udara dapat masuk ke bagian dalam alas kakimu. Jika tidak ada matahari, kamu bisa mengeringkannya dengan bantuan kipas angin.

Gunakan lapisan anti air

Trik yang satu ini adalah sebuah tindakan pencegahan agar sepatumu tidak basah. Sekarang kamu sudah bisa dengan mudah menemukan spray anti air untuk sepatu kesayanganmu. Dengan menggunakan produk tersebut, sepatumu akan menjadi hydrophobic seperti daun talas.

Menjaga kebersihan sepatu tidak hanya tentang penampilanmu yang stand out, tapi juga untuk kesehatan dan kebersihan kondisi kakimu. Dengan memiliki sepatu yang kering dan terawat, maka kamu mencegah perkembangan bakteri dan jamur yang dapat menular ke kaki.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga