7 Hobi ini Bisa Hasilkan Uang untuk Anda

7 Hobi ini Bisa Hasilkan Uang untuk Anda ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Bagi sebagian orang, waktu senggang merupakan kesempatan untuk melakukan hobi yang disukai. Tak bisa dipungkiri, saat sedang kuliah atau kerja, pasti kamu jadi tidak bisa menyempatkan diri untuk melakukan hobi kamu sukai bukan?

Baca: 4 Alasan Kenapa Anda Perlu Punya Hobi

Sebuah hobi saat ini memang bukan hanya berguna untuk kegiatan senang-senang semata. Jika anda mampu mengenali dan memahami secara mendalam hobi yang anda geluti, tentu hal ini akan membuat anda mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk anda.

Seperti kata Ridwan Kamil, "Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar".

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari hobi? Dan hobi apa aja itu? Berikut covesia.com mengulasnya dari berbagai sumber.

1. Hobi menulis

Hobi menulis yang dijalankan dengan serius bisa mengantarkan sang penulis menuju puncak kesuksesan. Salah satu sosok yang telah mencapai hal ini adalah JK. Rowling, penulis terkaya di dunia yang menerbitkan karya novel dan film fenomenal Harry Potter.

Banyaknya media yang bisa dijadikan akses untuk menghasilkan uang dari hobi ini menjadi dasar besarnya peluang menjadi penulis yang produktif. Dari media cetak, media elektronik hingga yang terbaru adalah beberapa jenis media yang dapat dimanfaatkan para penulis untuk mendapatkan penghasilan.

2. Hobi fotografi

Jika anda sangat hobi jeprat-jepret dengan kamera, maka anda bisa mengembangkan kegemaran anda tersebut untuk menghasilkan uang. Sajian foto yang bagus memang akan selalu dibutuhkan orang untuk keperluan konten media cetak atau media online.

Foto yang bagus juga banyak dibutuhkan untuk keperluan foto pre-wedding atau dokumentasi untuk acara-acara tertentu.

3. Hobi desain grafis

Saat ini informasi yang disampaikan oleh suatu media bergantung pada grafis gambar yang menyertainya. Jika gambarnya tidak menarik, kadang orang malas untuk klik dan membaca informasi yang disampaikan. Di sinilah peran orang yang pandai dan hobi desain grafis dibutuhkan sehingga bisa menjadi hobi yang bisa menghasilkan uang.

Jadi jika anda hobinya coret-coret membuat desain grafis, jangan malas untuk share gambar hasil karya anda di internet lewat sosial media atau forum diskusi.

4. Hobi memasak

Hobi memasak memiliki peluang besar untuk sukses karena dunia kuliner yang sedang tumbuh bagus di Indonesia. Maka dari itu cobalah membuat resep terbaik anda dan coba tawarkan pada orang-orang terdekat anda.

Jika respon mereka positif, maka jangan ragu untuk memperluas pasar dengan menjualnya ke orang-orang pecinta kuliner di luar sana. Dengan hobi memasak ini, anda bisa membuat warung masakan di sekitar rumah, atau menawarkan pesanan masakan untuk acara-acara syukuran dan lain sebagainya.

5. Hobi musik

Hobi yang satu ini banyak digandrungi oleh anak muda dan juga merupakan hobi yang bisa menghasilkan uang. Jika anda punya hobi musik dan jago memainkan alat musik, jangan ragu-ragu untuk mengisi waktu luang kamu dengan melatihnya.

Menguasai alat musik bisa menuntun anda untuk menggawangi sebuah band, anggota orkestra, atau bahkan guru les musik. Dan jangan salah, kebanyakan guru les musik bayarannya lebih mahal daripada guru les pelajaran biasa loh!

6. Hobi membuat video

Sejak ada internet, hobi yang satu ini menjadi hobi yang paling banyak digandrungi oleh pengguna internet. Lewat YouTube, anda bisa membagikan beragam video buatanmu.

Jika video anda keren dan mendapat subscribers banyak, bukan tidak mungkin anda akan didaulat untuk membuat sebuah video untuk suatu event.

7. Makeup

Hobi dandan? Banyak yang bilang hasil makeup kamu bagus? Nah, mending fokusin hobi makeup kamu hingga menghasilkan uang dengan jadi makeup artist.

Salah satu makeup artist terkenal Indonesia saat ini adalah Ryan Ogilvy. Dia mengawali karir dengan mengikuti makeup course tahun 2005. Ia kemudian sering mendapat tawaran jasa makeup untuk shooting iklan dan pemotretan majalah.

Ryan kemudian mendapat kesempatan untuk merias Dian Sastrowadoyo, hingga menjadi makeup artist personalnya Dian.

Ciri khas makeup Ryan adalah natural yang dapat menonjolkan karakter wajah kliennya tanpa terkesan berlebihan sehingga terlihat effortless.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga