Sudah Saatnya Pemuka Agama Ikut Pencegahan HIV/AIDS

Sudah Saatnya Pemuka Agama Ikut Pencegahan HIVAIDS Ilustrasi

Covesia.com - Pemuka agama sudah saatnya ikut serta dalam program penanganan HIV AIDS. Peran pemuka agama dinilai penting untuk menghapus stigma pada mereka yang terdampak HIV AIDS.


"Patut menjadi catatan, stigma muncul karena pendekatan sosial, misal keagamaan, terkait HIV AIDS yang masih ketinggalan. Selama ini pendekatan soal HIV AIDS lebih cenderung bersifat medis terkait penyakit dan terapinya," kata Direktur Eksekutif Direktur Eksekutif Indonesia AIDS Coalition (IAC) Aditya Wardhana pada detikHealth, Jumat (30/11/2018), dalam peringatan Hari AIDS Sedunia.


Pentingnya peran pemimpin agama terkait dengan kondisi masyarakat Indonesia yang cenderung religius dan mematuhi kata pemukanya. Penghapusan stigma bersama pemuka agama, membantu populasi kunci dan populasi terdampak untuk tidak takut tes HIV AIDS, mengakses layanan kesehatan, dan melakukan pengobatan teratur. 


Menurut aktivis yang kerap disapa Edo ini, Pendekatan dari sisi agama bisa memberi motivasi bagi penyandang HIV AIDS. Stigma penyandang HIV AIDS sebagai pendosa seketika hilang karena perlakuan baik yang diperoleh dari pemuka agama dan masyarakat di sekitarnya. Perasaan inilah yang membantu penyandang untuk minum obat teratur dan tetap melakukan aktivitas setiap hari.


Pendekatan keagamaan juga bisa menjadi sarana efektif memudahkan akses layanan publik bagi Orang Dengan HIV AIDS (ODHA). Edo mengatakan, ketiadaan stigma dan penolakan memungkinkan ODHA bisa bekerja, memperoleh pendidikan, dan mendapat hak lainnya sebagai warga negara.


HIV (Human Imunodeficiency Virus) merupakan virus yang melemahkan daya tahan tubuh, ditularkan antara lain melalui hubungan seks tidak aman, penggunaan jarum suntik tidak steril, dan dari ibu hamil ke bayi yang dikandungnya. Belum ada obat yang benar-benar menyembuhkan infeksi HIV, tetapi obat ARV (Antiretroviral) yang diminum sesuai anjuran terbukti bisa menekan pertumbuhannya.


Infeksi HIV yang tidak tertangani dengan baik bisa menyebabkan AIDS (Acquired Imuno Deficiency Syndrome). Ini adalah sekumpulan penyakit yang merupakan dampak dari melemahnya sistem imun, dan berakibat fatal atau mematikan.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga