Lindungi Kesehatan Keluarga! Yuk Kenali Cara Memilih Ikan Asin 'Jambal Roti" yang Aman Dikonsumsi

Lindungi Kesehatan Keluarga Yuk Kenali Cara Memilih Ikan Asin Jambal Roti yang Aman Dikonsumsi Ilustrasi ikan asin (Foto: Covesia/Primadoni)

Covesia.com - Ikan asin jambal roti adalah olahan berbahan dasar ikan yang diasinkan dengan garam dan dikeringkan agar awet yang sangat populer. Ikan asin jambal roti biasanya disajikan sebagai lauk menemani nasi putih dan sambal. Ikan asin jambal roti juga sangat mudah ditemukan di pasar dan supermarket.

Namun saat ini banyak pembuat ikan asin ‘nakal’ yang menambahkan formalin atau pun peptisida sebagai bahan pengawet agar ikan asin jambal roti dapat tahan lebih lama. Padahal, jelas bahwa formalin atau pun peptisida dalam jumalh besar sangat tidak baik untuk kesehatan. Nah untuk menghindari membeli ikan asin berformalin, berikut cara memilih ikan asin jambal roti yang dirangkum Covesia.com dari Happyfresh.id.

  • Perhatikan aroma ikan asin jambal roti. Ikan asin jambal roti berkualitas memiliki aroma khas yang cenderung kurang sedap, sedangkan ikan asin jambal roti yang diberi pengawet justru akan kehilangan aroma tersebut, atau bahkan tidak memiliki aroma apapun.
  • Cara memilih ikan asin jambal roti yang kedua adalah dengan menyentuh daging ikan asin jambal roti. Umumnya, daging ikan asin jambal roti akan mudah hancur. Tetapi, bila ditambahkan formalin, daging ikan asin justru akan menjadi alot dan keras.
  • Perhatikan warna ikan asin. Ikan asin yang berwarna putih bersih bisa jadi justru telah diberi pemutih. Pilihlah ikan asin dengan warna yang normal, bahkan berwarna hitam atau kecokelatan.
  • Perhatikan daya tahan ikan asin. Jika ikan asin yang telah Kamu simpan selama lebih dari satu bulan dalam suhu ruangan masih belum busuk, berarti ikan asin tersebut telah diberi pengawet.
  • Perhatikan apakah lalat menghinggapi ikan asin tersebut atau tidak. Lalat biasanya memiliki sensor yang peka, sehingga mereka justru tidak mau hinggap pada bahan makanan yang mengandung bahan kimia. Jadi jika Kamu melihat pedagang ikan asin yang dagangannya tidak dihinggapi lalat, berarti ikan asin tersebut telah diberi pengawet.

(dnq)

Baca juga: Ada Temuan Baru, Ikan Kering Asal Pasbar Berbahaya Dikonsumsi

Baca juga: BBPOM Padang Imbau Semua Pihak Bantu Masyarakat Terhindar dari Makanan Berbahaya

Berita Terkait

Baca Juga