Harga Kokain yang Dimiliki Steve Emmanual Capai Rp700 Juta

Harga Kokain yang Dimiliki Steve Emmanual Capai Rp700 Juta Steve Emmanuel

Covesia.com - Steve Emmanuel ditangkap Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat karena kepemilikan narkoba jenis kokain. Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut satu gram kokain mencapai hingga Rp 7 juta. 

Kepala Bagian Humas BNN, Kombes Sulistiandriatmoko mengatakan satu gram kokain di Indonesia bisa dijual sekitar Rp 6 juta hingga Rp 7 juta. 

"Satu gram kokain harganya Rp 6 juta sampai Rp 7 juta. Emas satu gram cuma Rp 600 ribu. Bisa 10 kali lipat," kata Sulis dilansir dari laman detik.com, Jumat (28/12/2018). 

Mahalnya harga kokain di Indonesia, kata Sulis, disebabkan karena permintaan yang juga sedikit. Pengguna kokain di Indonesia lebih sedikit dibandingkan di Eropa.

Selain itu, pengguna kokain biasanya juga memiliki 'taste' atau selera berbeda terhadap narkoba. 

"Di Indonesia sudah jarang sekali beredar kokain karena demandnya itu sedikit. Demand sedikit karena tingkat harga tinggi, daya beli tidak seperti di Eropa. Orang pengguna kokain sama kayak punya selera makan steak. Orang tertentu yang punya taste tersendiri," jelasnya. 

Dari penangkapan Steve, polisi menemukan barang bukti berupa kokain seberat 92,04 gram beserta alat hisapnya. Steve membawanya dari Belanda seorang diri dengan berat awal 100 gram.

Diperkirakan, harga kokain yang dimiliki Steve Emmanuel sekitar Rp 600 juta hingga Rp 700 juta.

Steve Emmanuel dijerat pasal 114 ayat (2) Sub 112 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman pidana penjara minimum 5 tahun dan maksimum seumur hidup atau hukuman mati. 

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga