7 Manfaat Terapi Bekam yang Mungkin Belum Anda Ketahui

7 Manfaat Terapi Bekam yang Mungkin Belum Anda Ketahui ilustrasi

Covesia.com - Pengobatan alternatif bekam semakin meramaikan dunia kesehatan di Indonesia beberapa tahun terakhir ini.Tidak hanya di Indonesia, di Amerika sendiri metoda bekam sudah dilakukan oleh beberapa public figure ternama di Hollywood, diantaranya aktris Demi Moore dan Gwyneth Paltrow serta sebagaimana Britney Spears yang juga pernah di bekam soleh Dr. Petra Zizenbacher dari Vienna, Austria, seorang ahli pengobatan herbal yang menerapkan metode bekam (Cupping) dan Lintah (Leech Therapy)

Apa Itu Bekam?

Pengobatan alternatif ini menawarkan penyembuhan berbagai macam penyakit dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang pengobatan medis. Pengobatan alternatif ini berasal dari Timur Tengah.

Kata bekam sendiri merupakan terjemahan dari kata hijamah dalam bahasa arab yang merupakan asal kata dari al-hajmu yang berarti membekam. Menjadikan pemaknaan al hijamah atau bekam diartikan sebagai peristiwa penghisapan darah dengan alat menyerupai tabung, mengeluarkan darah dari permukaan kulit dengan penyayatan.

Dengan melakukan penghisapan atau vakumisasi maka terbentuklah tekanan negatif di dalam cawan/kop, sehingga terjadi drainase cairan tubuh berlebih (darah kotor) yang diikuti toksin, menghilangkan perlengketan/adhesi jaringan ikat dan akan mengalirkan darah “bersih” ke permukaan kulit dan jaringan otot yang mengalami stagnasi serta merangsang sistem syaraf perifer.

Berbekam merupakan metode pengobatan klasik yang telah digunakan dalam mengobati berbagai kelainan penyakit seperti hemophilia, hipertensi, gout, reumatik arthritis, sciatica, back pain (sakit punggung), migraine, vertigo, anxietas (kecemasan) serta penyakit umum lainnya baik bersifat fisik maupun mental.

Sebagian orang memilih pengobatan alternatif seperti bekam karena dianggap memiliki sedikit efek samping dan berharga terjangkau. Metode bekam sendiri berasal dari Mesir, China dan Timur Tengah sebagai pengobatan yang dianggap ampuh mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Buat anda yang masih ragu tapi penasaran, yuk kenali beragam manfaat luar biasa dari bekam ini dirangkum covesia.com dari berbagai sumber.

1. Mengatasi kelelahan

Kelelahan biasa dialami oleh hampir semua orang. Tahukah anda bila kelelahan bisa diatasi dengan terapi bekam? Selain dengan istirahat, menjaga pola diet, dan terapi pijatan, kelelahan bisa diatasi dengan melakukan terapi bekam. Kelelahan yang diakibatkan oleh syaraf-syaraf yang kaku akan diredakan dengan terapi bekam.

Saat pertama kali bekam, anda akan merasa badan anda seperti dipijat dengan lembut. Titik-titik bekam untuk membuat anda relaks berada di punggung dan leher. Khasiatnya sendiri untuk menyembuhkan nyeri otot, nyeri punggung, dan leher yang kaku.

2. Menyembuhkan sakit kepala ringan dan sakit kepala sebelah

Bagi anda yang sering kena sakit kepala dan migrain, tidak ada salahnya mencoba bekam. Adapun titik-titik terbaik untuk menyembuhkan keluhan ini adalah di leher dan kepala. Meski begitu, anda perlu rela sedikit bagian rambut anda dicukur agar bisa dibekam.

3. Menurunkan berat badan dengan cara menyedot jaringan lemak dari pori-pori tubuh

Tidak cuma darah lho yang bisa di"normal"kan dengan dibekam, jaringan lemak juga bisa disedot dari pori-pori tubuh lewat bekam. Adapun target pembekaman adalah titik-titik yang banyak jaringan lemaknya.

Cara ini efektif karena bekam sendiri membuat metabolisme tubuh membaik. Meski begitu, juga perlu anda iringi dengan latihan dan olahraga ya, agar hasilnya maksimal.

4. Detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Tidak hanya nutrisi, racun pun banyak diserap oleh tubuh manusia setiap harinya. Itu karena manusia setiap hari mengonsumsi makanan, minuman, bahkan menghirup udara yang bisa jadi telah terkontaminasi.

Banyaknya racun yang diserap dalam darah dapat dilihat dari warna darah yang keluar dari hasil bekam. Semakin pekat warnanya, semakin banyak pula racun yang dikeluarkan oleh tubuh.

5. Membuat pernafasan makin sehat

Masalah dan penyakit pernafasan, seperti asma, juga bisa ditangani dengan metode bekam ini lho. Caranya dengan membekam titik-titik yang terhubung dengan paru-paru. Meski begitu kamu perlu bekam secara rutin untuk hasil yang maksimal.

6. Menyembuhkan darah tinggi

Tekanan darah tinggi menyebabkan komplikasi penyakit, seperti: penyakit jantung, ginjal dan diabetes. Untuk menanganinya, anda bisa melakukan bekam di titik-titik khusus, seperti: bahu, kepala dan badan.

7. Mengurangi stres hingga mencegah depresi

Banyak hal di dunia ini yang membuat anda mudah stres, misalnya saja keharusan untuk belajar, beban di sekolah atau kerjaan dan permasalahan keluarga. Bekam sendiri bisa dikatakan sebagai metode relaksasi yang membuat badan anda terasa ringan dan nyaman.

Meski meninggalkan bekas dan luka, anda akan merasakan khasiatnya. Harganya pun terjangkau mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Anda bisa tanyakan keluarga atau teman anda yang pernah mencobanya untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang pengobatan alternatif ini.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga