Setiap Hari 50 Perempuan di Indonesia Meninggal karena Kanker Serviks, Dokter Sarankan Vaksin

Setiap Hari 50 Perempuan di Indonesia Meninggal karena Kanker Serviks Dokter Sarankan Vaksin ilustrasi

Covesia.com - Berdasarkan data Globocan 2018, sekitar 50 wanita meninggal setiap harinya di Indonesia karena kanker serviks. Kanker jenis ini menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para wanita, baik yang sudah ataupun belum menikah.

Angka yang cukup besar tersebut disebut-sebut karena para wanita belum sepenuhnya sadar akan pentingnya pencegahan sejak dini. Dokter onkologi ginekologi, Prof dr Andrijono, SpOG(K) mengatakan salah satu pencegahan yang cukup efektif adalah dengan vaksin HPV (Human Papiloma Virus).

"Virus yg menyebabkan kanker serviks ada 19 tipe. Dari 19 tipe ini yang paling ganas adalah tipe 16 dan 18. Di Indonesia vaksinnya tipe 16 dan 18. Suntikan ini bisa mencegah 70-80 persen karena masih ada tipe lain," ujarnya dikutip covesia.com dari laman DetikHealth.

Prof Andri menjelaskan bahwa vaksin HPV ini sangat aman karena tidak berisikan virus. Vaksin ini berisikan kulit virus sintetis yang dijadikan antigen dan tidak memiliki efek samping berlebihan, seperti panas.

Vaksin ini disebut efektif untuk usia 9-45 tahun. Untuk usia 9-13 tahun diberikan dua kali, sementara untuk usia di atas 14 tahun diberikan sebanyak tiga kali.

"Ini dua kali atau tiga kali dalam jangka waktu satu tahun, sudah satu kali saja seumur hidup," jelas Prof Andri.

(dtc)

Berita Terkait

Baca Juga