Pemkab Pessel Targetkan Tahun 2020 Keseluruhan Masyarakat Memiliki Kartu BPJS Kesehatan Gratis

Pemkab Pessel Targetkan Tahun 2020 Keseluruhan Masyarakat Memiliki Kartu BPJS Kesehatan Gratis Ilustrasi BPJS Kesehatan (Ist)

Covesia.com - Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan keseluruhan masyarakat di daerahnya memiliki kartu BPJS Kesehatan gratis tanpa harus membayar sepersenpun.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Pessel Erizon, pihaknya pemerintah daerah telah melakukan kerjasama dengan Kepala BPJS Painan. Terkait target memberikan kartu BPJS gratis untuk seluruh masyarakat didaerahnya.

"Tahun 2020 kita targetkan seluruh masyarakat Pessel telah memiliki kartu BPJS kesehatan tanpa terkecuali. Dan kita telah membicarakan hal itu langsung dengan kepala BPJS Painan," ungkap Sekda Erizon pada Covesia.com, Selasa (27/3/2019)

Menurutnya, program tersebut adalah sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang layak pada masyarakat tanpa ada pengkecualian.

"Tidak ada beda membedakan dalam progres kita kedepan ini. Kita ingin seluruh masyarakat itu sama rata dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk kelas kartu BPJS, semuanya di berikan Kelas III," ujarnya 

Dijelaskannya, Pemda telah menyiapkan anggaran untuk progres itu, dengan besaran anggran 20 miliar. Dimana, 10 miliar anggaran ditanggung dari APBD Pessel sendiri dan 10 miliar lagi dari provinsi.

"Beseran anggaran itu sudah dihitung dari jumlah penduduk Pessel yang berjumlah 507.704 jiwa," jelasnya

Lanjutnya Sekda mengatakan, pihaknya sangat berkomitmen dalam melakukan progres tersebut. Mesti daerah lain di Sumbar belum berani untuk membuat progres seperti yang dilakukan pemerintah daerah Pessel.

"Saat ini, hanya kita Pemkab Pessel yang berani mengambil keputusan dan menganggarkan dana pembiayaan untuk memberikan kartu BPJS kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat di Sumbar,"pungkasnya.

Kontributor Pessel: Indrayen Putra

Berita Terkait

Baca Juga