7 Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat BangunTidur

7 Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat BangunTidur ilustrasi

Covesia.com - Ketika bangun tidur di pagi hari, kegiatan apa saja yang sering anda lakukan dan menjadi sebuah rutinitas harian? Sadar atau tidak sadar, saat bangun pagi ada beberapa hal yang seringkali kita lakukan dan tanpa disadari justru akan memengaruhi aktivitas sepanjang hari.

Agar bisa menjalani hari dengan penuh semangat, beberapa hal yang sudah ini sebaiknya tidak anda lakukan setelah bangun pagi.

1. Mengecek ponsel

Media sosial memang kini seperti “drugs” yang membuat para penggunanya tidak dapat terlepas darinya. Sebagian dari kita terbiasa mengecek ponsel dan media sosial sesaat setelah bangun tidur.

Namun, ternyata aktivitas ini justru membuat anda merasa gelisah sehingga mudah cemas dan tidak bahagia. Memeriksa akun media sosial juga membuat kita jadi lebih fokus pada hal-hal yang tidak terlalu penting.

2. Mematikan alarm atau menunda alarm agar bisa tidur lagi beberapa menit

Memejamkan mata kembali untuk beberapa menit lagi sebenarnya kurang efektif malah membuat anda bertambah lelah. Hal ini karena anda membuat siklus tidur baru kemudian bangun dengan cepat sehingga anda jadi lemas, pusing, dan perasaan tidak enak saat terbangun lagi.

3. Lupa minum air putih 

Setelah bangun dari tempat tidur, jangan lupa untuk mengambil 1-2 gelas air untuk dihidrasi. Minum air putih tidak hanya membantu anda bangun tidur, tetapi juga membuat metabolisme bergerak ke arah yang benar. Tambahkan lemon atau jeruk nipis bisa juga membantu membersihkan hati. 

Jadi, mulailah hari anda dengan minum air putih. Ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk tubuh anda.

4. Langsung minum kopi

Kalau anda adalah tipe orang yang memilih untuk minum kopi di pagi hari untuk membantu menghilangkan rasa ngantuk, lebih baik pertimbangkan lagi kebiasaan ini. Diantara jam 8 dan jam 9 di pagi hari, tubuh kita memproduksi sejumlah besar hormon yang mengatur energi.

Jadi, kalau kita minum kopi sebelum jam 9:30 di pagi hari, tubuh kita akan mengurangi produksi hormon tersebut, membuat kita jadi kurang berenergi.

5. Menutup tirai

Seringkali secara tidak sadar anda menutup tirai karena tidak ingin terganggu sinar matahari di pagi hari. Namun, ternyata anda salah. Sinar matahari sebenarnya merupakan cara alami untuk memberi tahu tubuh untuk bangun, bergerak, dan berhenti memproduksi hormon melatonin.

Sinar matahari pagi antara pukul 06.00 sampai pukul 08.30 juga merupakan vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang anda. Yuk, mulai biarkan sinar matahari pagi masuk ke kamar anda.

6. Membereskan tempat tidur

Ini juga merupakan kebiasaan usai bangun pagi yang rutin kita lakukan. Sayangnya ini bisa jadi masalah bagi sebagian orang. Membereskan tempat tidur setelah bangun tidak mengusir tungau debu dari tempat tidur anda.

Mikroba ini menyukai kondisi hangat dan lembap yang diproduksi di bawah selimut pada malam hari. Sehingga anda sebaiknya membereskan tempat tidur ketika hendak berangkat di saat kasur mulai dingin dan tungau debu mulai mengalami dehidrasi lalu mati.

7. Konsumsi sarapan berat

Sarapan dengan porsi karbohidrat olahan yang terlalu banyak seperti mie atau nasi goreng bisa mengacaukan gula darah anda. Ini juga membuat tubuh lebih cepat lapar sebelum makan siang.

Konsumsi lebih banyak protein agar merasa kenyang lebih lama. Menurut penelitian, telur merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan protein yang baik untuk sarapan anda.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga