6 Buah ini Bisa Bantu Anda Turunkan Berat Badan

6 Buah ini Bisa Bantu Anda Turunkan Berat Badan ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Berat badan ideal adalah dambaan banyak orang. Untuk itu, beragam usaha dilakukan untuk menurunkan berat badan hingga mencapai berat ideal. Salah satu makanan yang sering dikonsumsi untuk memangkas berat badan adalah buah-buahan.

Buah memang kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang menguntungkan program diet. Serat termasuk makanan rendah kalori dan tinggi serat sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Anda yang ingin menurunkan berat badan, makan buah tentu bagus untuk menyukseskan program diet anda.

Selain berhubungan dengan berat badan yang lebih ideal, makan banyak buah juga dapat menurunkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung koroner.

Namun dari sekian banyak pilihan buah, buah apa sajakah yang bagus untuk menurunkan berat badan? Berikut adalah beragam jenis buah yang bisa anda pilih, dikutip covesia.com dari laman klikdokter:

Apel

Apel merupakan buah rendah kalori dan tinggi serat. Dalam 220 gram apel (atau sekitar 1 buah apel besar), mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Bila dibandingkan dengan dengan martabak manis meises dan kacang 100 gram mengandung 414 kalori serta 1,1 gram serat.

Serat akan mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Hal ini menjawab mengapa kalau makan martabak lebih cepat lapar dibanding makan apel, karena jumlah seratnya hanya sedikit.

Berry

Buah golongan berry, seperti stroberi dan blueberry, bagus untuk anda yang sedang berdiet. Sebagai contoh, setengah cup (75 gram) blueberry hanya mengandung 42 kalori dan dapat memenuhi hampir 12 persen kebutuhan vitamin C harian. 

Adapun satu cangkir stroberi mengandung sekitar 48 kalori dan 3 gram serat, serta dapat memenuhi (bahkan melebihi) kebutuhan vitamin C harian. Buah berry juga menimbulkan rasa kenyang lebih lama dibandingkan makanan lain dalam gram yang sama, misalnya permen.

Markisa

Buah yang banyak tumbuh di daerah tropis ini juga kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kalium. Selain itu, biji markisa juga memiliki senyawa piceatannol.

Zat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki sensitivitas insulin. Pada orang yang kegemukan sering kali ditemui kondisi resistansi insulin. Namun, kedua efek terhadap tekanan darah dan insulin ini masih membutuhkan penelitian lanjutan.

Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C, vitamin E, asam folat, dan serat yang cukup tinggi. Konsumsi buah mungil berbulu ini setiap hari selama 12 minggu pada seseorang prediabetes dapat menurunkan tekanan darah dan lingkar pinggang. Kiwi merupakan buah dengan indeks glikemik yang rendah sehingga gula darah dapat terkontrol dengan baik.

Melon

Melon juga merupakan buah rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung air dalam jumlah tinggi. Dalam 150 gram melon hanya mengandung sekitar 60 kalori. Kandungan zat gizi yang terkandung di dalam melon juga cukup lengkap, yaitu vitamin C, beta karoten, likopen, kalium, dan serat.

Jeruk bali

Setengah jeruk bali hanya mengandung 39 kalori dan mencukupi kebutuhan vitamin C harian sampai dengan 65 persen. Jeruk bali juga mengandung vitamin A, meski tidak sebesar kandungan vitamin C-nya. Akan tetapi, konsumsi jeruk bali setengah buah akan mencukupi kebutuhan harian vitamin A sebesar 28 persen. Jeruk bali juga memiliki indeks glikemik yang rendah.

Buah sudah lama dikenal akan sederet manfaat baiknya, termasuk untuk program menurunkan berat badan. Beragam jenis buah di atas bisa anda jadikan pilihan untuk memuluskan program anda untuk mengurangi berat badan.

Konsumsi buah secara teratur dapat memperbaiki profil gula darah, memperbaiki kadar kolesterol, dan kesehatan saluran cerna. Anda yang sudah memiliki tubuh ideal dapat konsumsi secara buah rutin karena dapat menurunkan risiko terkena penyakit.

Nah, sudahkah anda makan buah hari ini?

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga