Bunda, ini Lho 5 Ide Resep Olahan Melon untuk Dessert dan Minuman Segar yang Bisa Anda Coba

Bunda ini Lho 5 Ide Resep Olahan Melon untuk Dessert dan Minuman Segar yang Bisa Anda Coba ilustrasi

Covesia.com - Buah segar tinggi air yang satu ini banyak disukai masyarakat, itulah melon. Rasanya begitu segar, aroma harum khasnya begitu menggoda. Buah melon juga kaya akan vitamin.

Memang melon sudah nikmat meski langsung disantap setelah dipotong-potong. Namun, menjadikannya minuman segar dan dessert untuk pencuci mulut juga sangat nikmat dan menggoda, lho. Apalagi di hari yang panas dan terik.

Berikut 5 ide resep olahan melon untuk dessert dan minuman segar yang bisa Anda coba.

1. Es melon selasih


Kupas melon dan potong kotak seluas 2 cm. Atau jika punya kerokan berbentuk bulat, Anda juga bisa memakainya supaya melon terlihat cantik.

Masukan buah melon, nata de coco, dan selasih dalam gelas. Masukan sirup melon dan air es atau air biasa, aduk rata. Kemudian masukan es batu. Koreksi rasanya dan siap disajikan.

2. Es melon serut jeruk nipis


Es yang satu ini akan semakin segar karena perpaduan melon dengan soda dan jeruk nipis. Masukan melon yang sudah diserut dengan serutan buah ke dalam gelas atau wadah besar, jika Anda ingin menyajikan dalam porsi besar untuk sajian acara.

Masukan sirup melon, dan air jeruk nipis.Tambahkan soda lemon (sprite) dan es batu. Aduk dan koreksi rasanya, sajikan.

3. Es jelly melon


Buat terlebih dahulu jelly melon dengan jelly kemasan instan rasa melon. Jika jelly sudah mengeras, potong menjadi kecil-kecil.

Buat susu melon dengan mencampurkan susu putih biasa dengan sirup melon. Anda bisa menggunakan susu cair vanila yang sudah jadi, atau membuat susu dari susu bubuk yang dicampur air.

Masukan jelly, melon dan susu pada wadah yang anda inginkan. anda bisa menggunakan gelas, mangkuk besar untuk penyajian khusus, atau botol kemasan.

Dinginkan terlebih dahulu dalam kulkas sebelum disajikan. Atau, anda juga bisa menambahkan es batu.

4. Sorbet melon


Tidak selalu sajian minuman, kudapan sejenis es krim dari buah-buahan segar ini juga sangat nikmat, lho.

Melon adalah salah satu bahan yang praktis diolah menjadi beragam dessert, termasuk sorbet. Membuatnya begitu mudah, seperti membuat puree buah biasa yang dibekukan dan dilembutkan kembali dengan blender, lalu dibekukan kembali. Proses ini bisa diulang beberapa kali hingga tekstur sorbet sesuai yang diharapkan.

Untuk menguatkan rasa lemon, dalam proses pembuatannya, Anda juga bisa menambahkan sirup melon.

5. Melon silky puding


Berbeda dengan puding pada umumnya, tekstur lembut dari silky puding begitu lembut. Sehingga, membuat puding ini menjadi dessert favorit banyak orang.

Untuk membuatnya, campur jelly instan tanpa rasa, gula putih dan maizena, aduk rata. Masukan susu cair dan air putih sesuai takaran puding, aduk rata.

Tambahkan pewarna hijau dan esens melon agar puding tidak terlihat pucat, serta memiliki aroma melon. Jelly rasa melon juga bisa jadi pilihan, namun anda tetap oerlu menambahkan pewarna makanan hijau supaya tidak pucat.

Masak adonan dengan api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih. Ketika sudah mulai mendidih, kecilkan api agar tidak meluap. Tunggu sekitar 1 menit dan matikan api. Diamkan sebentar sampai uapnya hilang, namun jangan sampai mengeras.

Tuang puding ke wadah yang telah disiapkan. Hias puding dengan potongan melon. Masukkan ke dalam lemari es. Sajikan setelah dingin dan menjadi padat.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga