6 Faktor ini Jadi Penyebab Penuaan Dini, Apa Saja itu?

6 Faktor ini Jadi Penyebab Penuaan Dini Apa Saja itu ilustrasi

Covesia.com - Penuaan dini merupakan momok menakutkan bagi banyak perempuan. Bagaimana tidak, usia yang masih muda, namun kerutan di wajah mulai bertebaran.

Berikut 6 faktor penyebab penuaan dini yang Covesia.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Stres

Stres merupakan reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. pikiran yang stres bisa menjadi faktor utama munculnya penuaan dini seperti garis halus, keriput, hingga flek hitam pada wajah. Maka dari itu penting sekali membuat pikiran tenang hingga tidak menimbulkan stres.

2. Malas membersihkan wajah

Malas membersihkan wajah akan berdampak buruk bagi kulit. Terutama akan terjadinya penuaan dini. Pasalnya, selama beraktifitas sehari-hari, kulit memproduksi minyak serta terkena debu dan polusi. Apabila debu, polusi itu tidak dibersihkan maka semuanya akan menumpuk dan menutup pori-pori.

3. Tidak menggunakan pelembab

Pelembab memiliki peran penting untuk kulit. Diantaranya pelembab dibutuhkan untuk mempertahankan struktur fungsi kulit dari berbagai faktor eksternal, seperti paparan matahari, polusi, debu dan sebaginya.

Apabila tidak menggunakan pelembab, kulit akan mudah kering, kusan, dan keriput karena tidak adanya perawatan.

4. Terlalu banyak terpapar sinar matahari

Sinar matahari dapat berdampak buruk pada kulit, terutama munculnya tanda-tanda penuaan dini. Paparan ultraviolet berlebih dalam waktu lama akan merusak serat kolagen dan elastin. Maka tak heran pakar kulit selalu menyarankan untuk pentingnya penggunann sunscreen.

5. Kurang mengkonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah sangat penting bagi kesehatan. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Selain itu, sayur dan buah juga mengandung serat. Kurang mengkonsumsi sayur dan buah dapat membuat kulit kusam dan tak bercahaya. Juga bisa membuat terlihat lebih tua karena kurangnya anti-oksidan dalam tubuh.

6. Mengkonsumsi alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat membuat dehidrasi dan dan memaksa ginjal untuk bekerja dua kali lipat. Alkohol juga bisa menguras kadar vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A memiliki peran penting sebagai ati-oksidan berfungsi sebagai regenerasi sel kulit. Namun, karena adanya alkohol kulit bisa rentan terhadap kerutan dan kusam.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga