Ini Risikonya Bila Over Protective pada Anak

Ini Risikonya Bila Over Protective pada Anak Ilustrasi

Covesia.com - Orang tua tentu menginginkan yang paling terbaik untuk buah hatinya. Mereka akan melakukan cara apapun agar sang anak merasa aman dan nyaman.

Tapi seringkali ada orang tua yang bersifat over protective atau terlalu ketat dalam menjaga anaknya. Memang tujuannya baik, agar anak tidak terluka ketika melakukan aktivitas apapun. Namun ada risiko yang akan dialami anak apabila orang tua terlalu menjaga.

"Pada satu titik dia akan ragu dan nggak bisa eksplor banyak. Dia akan kurang terasah dan kurang belajar. Semakin dini sering dilarang, akan semakin parah ke depannya," kata spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari RS Pondok Indah, dr Catharine M Sambo, SpA (K), saat dijumpai detikHealth, Kamis (20/6/2019).

Selain itu, ada pula risiko kesehatan yang akan diterima oleh anak jika orang tua terlalu higienis, baik di luar rumah atau di dalam rumah.

"Akan alergi. Alergi hubungannya ke lingkungan kalau terlalu di jaga bersih sekali. Pengennya bebas kuman banget," tambahnya. 

Oleh sebab itu, anak tetap butuh bermain di luar ruang. Ada perkembangan aspek kognitif dan afektif yang hanya bisa didapatkan oleh anak ketika bermain diluar.

"Seberagam apapun pengalaman indoor, benda di luar sama di dalam pasti beda. Tetap ada porsi bagi ortu untuk anak bermain di luar," pungkasnya. 

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga