5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Anak Muda

5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Anak Muda Ilustrasi

Covesia.com - Zaman sekarang anak muda sudah sangat dimanjakan dengan dunia yang serba instan. Ini tak lain karena perkembangan teknologi yang kian canggih. Namun ada momok yang menakutkan untuk anak muda masa depan bila terbuai dengan kecanggihan ini. Teknologi bukan hal yang bisa disalahkan bila terjadi sesuatu, namun bagaimana seseorang memanfaatkan teknologi tersebut.

Berikut Covesia.com ulas beberapa kebiasaan anak muda zaman sekarang yang harus dihindari. 

1. Antipati (cuek)

Sikap ini  sudah membudaya di Indonesia. Menghawatirkan memang, apalagi boomingnya game di smartphone. Hampir setiap orang sibuk dengan gamenya hingga orang di sekitar tidak diperdulikan lagi. Bahkan panggilan orang tua diabaikan. Bila dibiarkan sikap ini sangat membahayakan generasi muda. Apa jadinya negara yang luas ini bila dipimpin oleh pemuda yang antipati, tak peduli dengan lingkungan di luarnya.

2.Datang tidak tepat waktu

Hal yang perlu dihindari oleh anak muda yang ingin sukses ke depannya. Bagaimana dunia kerja akan memandang kita baik bila untuk datang tepat waktu saja tidak bisa. Intinya anak muda kudu disiplin. Bila tes wawancara pekerjaan datanglah lebih awal dari waktu yang ditentukan. Setidaknya itu menunjukkan bahwa kita sungguh-sungguh.

3.Takut sebelum mencoba

Nah, ini banyak sekali di temui di kalangan anak muda. Sudah memiliki kemampuan namun tak berani untuk mencoba. Banyak takut dan hawatirnya. Takut gagal, takut ditertawai, takut mengambil tindakan. Padahal sebuah tindakan yang diambil meskipun berujung kegagalan lebih baik dari pada tak ada tindakan. Kita bisa belajar dari kegagalan tersebut.

4. Prefeksionis namun tidak realistis 

Sikap perfeksionis suatu hal yang positif, dimana memiliki pengertian sebuah keyakinan seseorang harus menjadi sempurna untuk mencapai suatu kondisi terbaik. Namun, tak realistis, kenyataan tak seperti yang diinginkan. Sikap prefeksionis bisa menimbulkan masalah dalam dunia kerja. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik perfeksionis terhadap diri sendiri dan realistis dengan kemampuan yang ada. Jangan terlalu memaksakan karena berujung pada stres. Sebab segala sesuatu di dunia ini tak ada yang sempurna.

5. Tidak fokus terhadap sesuatu

Bisa dikatakan sikap satu ini akan mengganggu karena dalam satu waktu ada banyak hal yang mesti dikerjakan. Bila membuka lapangan kerja, anak muda yang seperti ini akan bingung sendiri, pemikirannya akan terbagi-bagi dan hasil yang dikerjakan bisa tidak maksimal. Selayaknya ambil fokus apa yang akan dilakukan, maksimalkan waktu untuk hal tersebut. 

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga