Ini Bahayanya Bila Anda Punya Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Ini Bahayanya Bila Anda Punya Kebiasaan Minum Sambil Berdiri Ilustrasi - pixabay

Covesia.com - Berapa banyak air putih yang anda minum per hari? Mungkin anjuran 8 gelas per hari sudah sangat sering anda dengar. Minum air putih cukup setiap harinya memang bisa bantu menjaga kesehatan tubuh.

Tapi ternyata bukan cuma banyaknya air putih saja yang perlu kita perhatikan tapi juga cara kita meminumnya. Posisi tubuh saat minum air putih ternyata bisa memberi dampak yang cukup signifikan terhadap kesehatan.

Sebaiknya kalau minum air putih itu dengan posisi duduk. Jangan berdiri. Kenapa? Karena ternyata minum air putih sambil berdiri itu bisa memberi sejumlah dampak negatif. 

Berikut berbagai dampak buruk jika anda masih minum sambil berdiri dirangkum covesia.com dari berbagai sumber.

1. Asam lambung

Penyakit satu ini sering menyerang penderita maag. Namun, siapa sangka dengan kebiasaan minum sambil berdiri dapat mengejutkan bagian saluran yang menuju ke lambung. Akibatnya asam dalam lambung tercampur naik ke arah sebaliknya hingga memberikan sensasi panas di bagian perut.

2. Ginjal tak bisa menyaring air dengan Baik

Minum air sambil berdiri membuat proses penyaringan yang dilakukan ginjal tak optimal. Bahkan kotoran bisa menumpuk di ginjal dan kandung kemih yang bisa menyebabkan gangguan saluran kemih. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan permanen di ginjal.

3. Resiko terkena artritis

Kebiasaan yang tak baik ini dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya, sendi-sendi tubuh mengalami penumpukan cairan dan menyebabkan artritis (peradangan pada sendi).

4. Saraf menegang

Tak hanya lambung, ginjal dan sendi ternyata kebiasaan minum sambil berdiri memiliki efek tidak baik untuk saraf. Sistem saraf dapat menegang ketika proses penyerapan air yang buruk. Sebab itu, sediakanlah waktu untuk duduk baru meminum air.

5. Masalah di paru-paru

Siapa sangka hal yang sepertinya sepele, minum sambil berdiri bisa berdampak buruk pada paru-paru. Kenapa tidak, air yang langsung menekan ke saluran batang tenggorokan dan pipa makanan hal tersebut bisa membuat masalah di area paru-paru.

Nah, masih ingin ceroboh dengan minum sambil berdiri? 

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga