Bau Jengkol Bikin Jengkel, ini Cara Mengatasinya

Bau Jengkol Bikin Jengkel ini Cara Mengatasinya ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah jengkol bikin jengkel. Baunya yang khas kadang bisa memenuhi seisi rumah dan toilet saat habis menikmatinya. Kondisi ini tentu menyebalkan.

Oleh karena itu, ada beberapa cara khusus yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau jengkol di rumah dan toilet anda. 

Cara menghilangkan bau jengkol di rumah

Walaupun menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia, jengkol sering membuat orang lain jengkel karena baunya. Mulai dari mulut orang yang memakannya hingga meninggalkan jejak di seluruh ruangan di dalam rumah. 

Apalagi ketika ada anggota keluarga yang mengonsumsi jengkol dan memakai toilet, sudah dapat dipastikan toilet anda akan dipenuhi dengan bau jengkol. 

Nah, agar anda dan anggota keluarga lainnya tetap betah meskipun ada anggota keluarga yang baru saja memakannya, menghilangkan aroma tidak sedap adalah jalan keluarnya. 

Berikut berbagai cara ampuh untuk menghilangkan bau jengkol dikutip covesia.com dari laman hellosehat:

1. Menetralisir bau dengan soda kue

Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau jengkol di rumah dan toilet anda adalah meletakkan penghilang bau alami pada beberapa ruangan, seperti soda kue. 

Sebagaimana dilansir dari Healthline, soda kue dapat menghilangkan atau menetralisir aroma tidak sedap, seperti yang dihasilkan jengkol.

Itu sebabnya, beberapa orang sering menggunakan soda kue untuk menghilangkan bau tidak sedap. Cara membuatnya pun mudah.

Berikut adalah langkah membuat penghilang bau dari soda kue. 

  • Sediakan 16 sendok makan soda kue dan 10-15 tetes minyak esensial
  • Campurkan soda kue dan minyak esensial yang tersedia ke dalam wadah hingga rata. 
  • Tutupi wadah dengan kain atau kertas, dan ikat dengan tali agar rapat. 

Apabila aroma yang keluar dari wadah berisi baking soda sudah tak terlalu tercium lagi, Anda bisa mengguncangkan wadah tersebut (seperti mengocoknya). Setelahnya, aroma harum akan kembali menguar.

Soda kue yang sudah tercampur dengan minyak esensial ini cukup ampuh karena soda kue dapat menyerap bau. Sementara itu, campuran minyak esensian berperan menyebarkan harum ke seluruh ruangan. Oleh karena itu, kombinasi keduanya mampu menghilangkan bau jengkol dari rumah Anda.

2. Menggunakan lemon sebagai pengharum ruangan

Selain menetralisir bau dengan soda kue, mengubah aroma jengkol dengan bau lemon yang segar dapat menjadi alternatif yang baik. 

Anda bisa mengupas lemon dan menaruhnya di beberapa ruangan, termasuk kamar mandi. Selain itu, anda bisa memotong lemon menjadi setengah bagian dan mencampurkannya dengan air hangat agar aromanya menyebar. 

Tidak hanya lemon, anda juga dapat memanfaatkan kopi sebagai pengharum ruangan alami untuk membasmi bau jengkol. 

3. Membersihkan sumber bau 

Sumber aroma jengkol kemungkinan besar berasal dari toilet. Pada saat anda atau orang lain buang air kecil atau besar, otomatis bau jengkol yang telah dicerna tadi pun memenuhi toilet. 

Nah, membersihkan toilet secara menyeluruh dapat dilakukan untuk menghilangkan bau jengkol. Akan tetapi, anda tidak boleh asal melakukannya. 

Ada cara tertentu yang mungkin bisa anda ikuti, seperti mempersiapkan alat-alat pembersih. Mulai dari sarung tangan karet agar anda tidak terkontaminasi zat pembersih, cuka atau cairan pembersih toilet, hingga sikat toilet.  

Sebenarnya, memakai pengharum ruangan di seluruh ruangan yang ada di rumah juga cukup untuk menghilangkan bau jengkol di rumah. Anda bisa menggunakan pengharum ruangan dan penghilang bau alami, seperti rempah-rempah, cuka, atau menggunakan minyak esensial dengan diffuser.

Jengkol memang bikin jengkel dan cara menghilangkan bau makanan tersebut terkadang menyulitkan. Itu sebabnya, usahakanlah untuk selalu buang air kecil di toilet dan menyediakan pengharum ruangan sebagai penangkal bau.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga