Kenali 5 Gejala Katarak yang Patut Kamu Ketahui

Kenali 5 Gejala Katarak yang Patut Kamu Ketahui Ilustrasi

Covesia.com-Tak dapat dipungkiri bahwa mata adalah indra yang amat penting. Namun, jarang yang menyadari pentingnya fungsi mata hingga terjadi masalah pada mata. Salah satu masalah yang mengganggu kesehatan mata ialah katarak. Biasanya katarak terbentuk karena proses penuaan. Tak selalu begitu, kadangkala, karena penyebab tertentu anak-anak pun bisa terkena katarak.

Berikut, Covesia.com  ulas beberapa tanda gejala katarak dari berbagai sumber.

Warna lensa mata berubah

Mata yang warnanya kekuningan atau kecoklatan bisa menjadi petanda gejala katarak. Hal tersebut juga membuat kemampuan membedakan warna menurun. Hingga penderita bisa saja mengalami buta warna.

Penglihatan mulai buram

Bintik-bintik kabur yang hadir di bidang mata merupakan salah satu tanda paling jelas dari katarak tahap awal. Awalnya akan terlihat biasa, namun dengan berjalannya waktu bintik-bintik tersebut akan mengganggu.

Tak nyaman dengan cahaya redup

Orang yang mengidap katarak sangat tak nyaman melihat cahaya redup karena sangat mengganggu penglihatannya. Bila ini terjadi pada Anda, alangkah lebih baik periksakan ke dokter.

Penglihatan ganda

Pasien katarak juga sering mengalami melihat objek menjadi dua atau diplopia. Namun, gejala ini juga dirasakan oleh penyakit lain seperti diabetes dan hipertensi.

Sulit membaca tulisan dengan latar belakang putih

Orang mengidap katarak akan kesulitan membaca tulisan yang berlatar belakang putih. Hal itu disebabkan kabut yang menyelimuti lensa akan menafsirkan warna senada dengan yang lebih banyak pada background.

Dengan mengetahui tanda-tanda di atas setidaknya Anda dapat mencegah penyakit katarak. 

Kontributor: Laila

Berita Terkait

Baca Juga