Moms, ini Lho Cara Merebus dan Mengupas Telur yang Benar

Moms ini Lho Cara Merebus dan Mengupas Telur yang Benar ilustrasi

Covesia.com - Siapa sih yang tak suka makan telur? Makanan yang kaya akan protein ini merupakan salah satu bahan makanan yang enak dan bisa diolah menjadi banyak sekali jenis makanan.

Mau untuk makan besar atau untuk camilan, telur bisa menjadi makanan yang sempurna. Cara memasak telur paling praktis adalah dengan digoreng atau direbus.

Supaya bisa membuat telur rebus sempurna, ada beberapa metode praktis. Berikut langkah-langkah sederhana dari The Daily Meal.

  1. Tempatkan telur dalam satu jejeran dalam panci. Jangan susun bertumpuk. Kemudian masukkan air yang bisa menutupi semua telur dengan ketinggian sekitar 2,5 cm. Tempatkan panci di atas api besar.
  2. Ketika air mendidih, matikan api. Tutup panci dan angkat panci dari kompor.
  3. Diamkan telur dalam air tersebut sampai sepenuhnya matang. Untuk telur ukuran medium diamkan sekitar 9 menit, telur besar sekitar 12 menit dan telur ekstra besar selama 15 menit. Ini memastikan telur matang sempurna dan kuning telur bisa mempertahankan warna kuning cerah.
  4. Saat telur matang, angkat dari panci dan tempatkan dalam mangkuk besar berisi air dingin. Jika suhu dalam mangkuk terlalu tinggi, tinggal tambahkan air dingin lagi. Ketika telur sudah mencapai suhu ruang, maka jadi tanda saatnya mengupas. Karena semakin dingin telur, makin sulit pengupasannya.
  5. Ketuk telur ke meja sampai muncul sedikit retakan, jangan sampai sepenuhnya pecah. Lalu di atas meja gulirkan telur ke depan dan belakang sampai seluruh kulitnya retak.
  6. Selanjutnya masukkan telur dalam mangkuk berisi air yang sudah bersuhu ruang. Triknya, kupas telur dalam air. Air membantu melonggarkan membran yang membuat kulitnya menempel pada putih telur.

Dengan mengikuti trik di atas, hasil telur rebus pun bisa sempurna. Sehingga sajian berbahan telur rebus bisa terlihat cantik dan makin menggiurkan.

Selamat mencoba.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga