Kamu Masih Sekolah atau Kuliah? Ini Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Karier di Masa Depan

Kamu Masih Sekolah atau Kuliah Ini Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Karier di Masa Depan Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Covesia.com-Segala sesuatu harus mempunyai persiapan yang matang sehingga tak terjadi kekacauan. Begitu pun untuk sukses dalam karier di masa depan. Tak hanya pengetahuan, perencanaan pun wajib dimiliki oleh pelajar atau mahasiswa untuk meraih impian yang diinginkan.

Banyak cara yang dilakukan untuk meraih kesuksesan. Berikut Covesia.com rangkum dari berbagai sumber bagaimana mempersiapkan Karier di masa depan tersebut.

Miliki jaringan yang luas

Jaringan adalah senjata atau aset yang paling dibutuhkan untuk karier yang baik di masa depan. Nah, bagi kamu para pelajar yang ingin memiliki jaringan modal yang harus kamu miliki ialah rasa ingin tahu dan ikuti berbagai kegiatan yang benar-benar akan membantu kamu di masa depan.

Seperti ikuti organisasi yang sesuai bakat dan potensi kamu, ikuti diskusi yang diadakan komunitas, hadiri dan pelajari seminar-seminar yang ada di sekolah ataupun di tempat lain yang berhubungan dengan possion kamu. Secara tidak langsung kamu akan mengenal orang-orang baru. Merekalah beberapa jaringan yang nantinya bisa kamu gunakan untuk kariermu di masa depan.

Kuasai bahasa asing

Bukan hal yang aneh lagi bahwa bahasa asing adalah salah satu kunci kesuksesan untuk jenjang karier. Tak sedikit perusahaan memberikan persyaratan menguasai bahasa asing  ini. Selagi kamu masih pelajar, gunakan kesempatan luangmu untuk melatih kemampuan berbahasa asing. Karena tak hanya soal karier di masa mendatang, bahasa asing juga perlu untuk hubungan sosial dengan teman-teman di daerah tertentu.

Miliki skill

Skill adalah keterampilan khusus yang berbeda dari kebanyakan orang. Skill bisa didapat dari lahir atau dipelajari dengan sungguh-sungguh. Skill bisa berupa kebiasaan yang mudah kamu lakukan. Dengan skill khusus ini lihatlah apa berpengaruh untuk karier kamu di masa depan nanti.

Nilai yang Baik

Nilai bukanlah ukuran mutlak dan patokan untuk sebuah perusahaan. Namun, nilai turut serta  menjadi bahan pertimbangan apakah seseorang layak di tempatkan di suatu posisi. Saat sekolah berusahalah mendapatkan nilai yang baik dengan cara yang baik pula. Jangan sesekali mencoba untuk mencurangi atau membohongi diri sendiri dengan mencontok dan lain sebagainya.

Perilaku yang baik (Attitude)

Tak sedikit yang mengabaikan perihal perilaku. Perilaku adalah cerminan dari kualitas seseorang  sehingga menjadi penting dan patut dijaga. Hati-hati menggunakan media sosial jangan sampai mengupat dan mencela sehingga ini akan menjadi trackrecord yang buruk untuk kariermu di masa mendatang. 

Kontributor: Laila Marni

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga